Ad imageAd image

Sejumlah Polsek di Jepara Amankan Gereja dan Tegakkan Protokol Kesehatan

Kartika Ayu
By Kartika Ayu 105 Views
3 Min Read
Personel Polsek Bangsri melakukan pengamanan ibadah di gereja di Kecamatan Bangsri, Minggu (30/01/2022). (Foto : Humas.polri.go.id)

 

INDORAYA – Sejumlah polsek di jajaran Polres Jepara, Minggu (30/1/2022) melakukan pengamanan gereja sambil terus mengingatkan warga untuk taat pada protokol kesehatan.

Seperti yang dilakukan personel Polsek Bangsri yang melakukan pengamanan ibadah di gereja GITJ Jerukwangi dan GITJ Bondo Kecamatan Bangsri, Minggu (30/01/2022).

Sebelum kegiatan kebaktian dilaksanakan, personel Polsek Bangsri melaksanakan sterilisasi. Hal tersebut merupakan Standart Operational Procedure (SOP) yang harus dilakukan, sebelum ibadah digelar. Hal itu untuk memberikan rasa aman, sekaligus perlindungan kepada jemaat yang hadir.

Selain itu petugas juga mengimbau kepada pengurus gereja agar selalu menyiapkan tempat cuci tangan dan menyediakan masker bagi jemaat gereja, sebagai bentuk langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:   Angka Anak Tidak Sekolah Masih Tinggi, Pemprov Jateng Dituntut Lebih Fokus Selesaikan RPJMD

Kapolsek Bangsri, Iptu Slamet R mengatakan pihaknya secara rutin melaksanakan pengamanan gereja, setiap hari Minggu. “Ini rutin dilaksanakan oleh personel Polsek Bangsri, sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman pada umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah, sehingga semakin khusuk dan nyaman dalam beribadah,“ kata dia, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Upaya pengaman gereja, juga dilaksanakan Polsek Donorojo. Dalam kegiatan itu, petugas juga memberikan Himbauan Kamtibmas . “Agar semua jemaat gereja menjalankan ibadah dengan baik, tenang, dan pihak dari Polsek Donorojo akan menjamin keamanan ketertiban selama berjalannya Ibadat di wilayah Donorojo,” kata Kapolsek Donorojo Iptu M Teguh P.

BACA JUGA:   Heri Pudyatmoko Dorong Koperasi Jadi Penggerak Roda Perekonomian di Jateng

Kegiatan serupa juga dilaksanakan Polsek Jepara Kota, di sejumlah gereja, antara lain Gereja Alika Jepara. Kapolsek Jepara Kota, AKP Noor Biyanto mengungkapkan bahwa, anggota telah dibagi di setiap gereja, untuk melaksanakan tugas patroli dan pengamanan, demi menjaga situasi tetap aman.

“Anggota telah terploting untuk patroli dan pengamanan, intinya agar situasi di wilayah Jepara Kota tetap aman ditengah pandemi Covid-19,” Ujar AKP Noor Biyanto

Dia menambahkan, bahwa selain fokus dalam tugas pengamanan gereja, pihaknya juga menyosialisasikan disiplin protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

″Kami tidak ingin lengah, untuk itulah patroli lebih ditingkatkan, serta kami imbau agar warga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” kata AKP Noor Biyanto

BACA JUGA:   Belanja di Pasar Legi Bisa Pakai QRIS, Pedagang Minta Disediakan WIFI

Imbauan akan pentingnya pencegahan Covid-19, juga disampaikan personel Polsek Mayong. Kegiatan tersebut antara lain dilaksanakan Bhabinkamtibmas Bripka Suwarso.

”Warga diimbau agar melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 dengan protokol kesehatan, yakni dengan memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas“, ujar Bripka Suwarso.

Kapolsek Mayong AKP Heri Joko mengatakan meminta warga mematuhi instruksi pemerintah, dan selalu menerapkan protokol kesehatan. “Mari bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus corona, khususnya di Kecamatan Mayong”, ujar Kapolsek. (IR)

TAGGED:
Share this Article