Ad imageAd image

Sebut Gibran Seperti Supir Truk, Hasto Dikecam Pihak KIM

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 723 Views
2 Min Read
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (dok. PDI Perjuangan)

INDORAYA – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mendapat kecaman dari berbagai pihak karena pernyataannya yang membandingkan Gibran Rakabuming Raka yang maju sebagai calon wakil presiden dengan sopir truk yang mengalami kecelakaan di Gerbang Tol Halim.

Kecaman tersebut datang dari partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) seperti, Golkar dan Gerindra.

Awalnya, Hasto menganggap bahwa keduanya belum memiliki cukup usia untuk menghadapi masalah yang rumit. Ia mencontohkan kecelakaan yang melibatkan seorang sopir truk berusia 17 tahun yang tidak memiliki SIM, dan mengkritik ketidakmatangannya dalam menghadapi situasi di jalan raya.

BACA JUGA:   Buntut Sebut Prabowo Cocok Nahkodai RI, DPP PDIP Panggil Effendi Simbolon

Pernyataan Hasto tersebut disampaikan dalam diskusi ‘Sing Waras Sing Menang’ yang disiarkan secara online pada Sabtu (30/3/2024), seperti yang dilaporkan oleh detikNews.

Hasto berpendapat bahwa usia Gibran belum mencukupi untuk menghadapi masalah yang kompleks seperti itu. Menurutnya, jika sesuatu tidak ideal, hal itu hanya akan menyebabkan kerusakan.

Pernyataan Hasto ini mendapat reaksi dari berbagai pihak. Golkar menilai bahwa pernyataan Hasto tersebut mencerminkan diskriminasi usia atau ageisme.

“Kami sangat menyesal, pemilu telah berakhir, dan saat pencalonan, semua perwakilan partai dan calon wakil presiden hadir, persyaratan pencalonan telah terpenuhi. Analogi-analogi yang mencakup diskriminasi usia atau ageisme ini sudah terlalu jauh, merendahkan martabat, ‘ngono yo ojo ngono’,” kata Ketua DPP Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, kepada wartawan pada Minggu (31/3/2024).

BACA JUGA:   Sempat Teka-teki Cawapres Prabowo, Koalisi Indonesia Maju Resmi Usung Gibran

Sementara itu, Gerindra juga mengecam pernyataan Hasto. Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman, menganggap pernyataan Hasto tersebut tidak pantas.

“Kami dengan tegas mengecam pernyataan Hasto tersebut. Pernyataannya terkesan sangat arogan dan penuh kebencian hanya karena calon yang didukungnya kalah,” ujar Habiburokhman.

Habiburokhman kemudian memberikan penilaian rendah terhadap sikap kebangsaan Hasto. Dia memberi nilai 11 dari 100 untuk Hasto.

“Saya memberikan nilai 11 dari 100 untuk sikap kebangsaan saudara Hasto, artinya sangat rendah,” tambahnya.

Share this Article
Leave a comment