Ad imageAd image

SAR Semarang Gelar Latihan Pertolongan, Pecarian dan Evakuasi di Pantai Bandengan Jepara

Kartika Ayu
By Kartika Ayu 82 Views
2 Min Read
Kegiatan pelatihan pertolongan, pencarian dan evakuasi dari Kantor SAR Semarang di pantai Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

INDORAYA – Kantor SAR Semarang menyelenggarakan kegiatan pelatihan Water Rescue selama 6 hari dari Senin (14/3) hingga Sabtu (19/3) di pantai Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Forum Koordinasi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) berjumlah 50 personil sedangkan untuk instruktur dari pegawai Kantor SAR Semarang.

Kegiatan latihan difokuskan pencarian dan pertolongan serta evakuasi di permukaan air dengan materi yang disampaikan di antaranya Subtansi Basarnas, pemindahan darurat, Bantuan Hidup Dasar Resustusi Jantung Paru ( BHDRJP), metode pertolongan di air, pengenalan perahu karet dan simulasi pertolongan di air.

“Kegiatan pelatihan Water Rescue bertujuan meningkatkan keterampilan pertolongan di air dan menambah rasa sinergitas personil untuk kerja tim dalam menghadapi musibah yang terjadi di wilayah kerja Kantor SAR Semarang,” ujar Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, Rabu (16/3/2022).

“Dalam kegiatan Water Rescue disimulasikan pemasangan motor tempel sekaligus pengoperasian perahu karet, cara naik turun perahu karet, cara membalikkan perahu karet dan pengangkatan korban selamat di permukaan air,” tambahnya.

Menurutnya, wilayah Kabupten Jepara sering terjadi kecelakaan perairan maupun di sungai. Untuk itu potensi SAR dibekali keterampilan dan pengetahuan tentang motode pencarian dan pertolongan di permukaan air agar meningkatkan satu sikap pola tindak dalam menghadapi kecelakaan di air.

“Terkait hal tersebut kita harus  tetap siaga dan melakukan latihan dalam rangka mempersiapkan kemungkinan yang terjadi,” imbuhnya. (IR)

Share this Article