Ad imageAd image

[SALAH] Ribuan Ulama dan Golongan NU Ikut Komando Ma’ruf Amin Dukung Anies 2024

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 31 Views
1 Min Read
Tangkapan layar video yang mengklaim ribuan ulama dan golongan NU mengikuti komando Ma'ruf Amin mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024

INDORAYA – Beredar sebuah video di media sosial YouTube yang berisi klaim tentang ribuan ulama dan golongan Nahdlatul Ulama (NU) bersatu mengikuti komando Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk mendukung calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Video tersebut diunggah di salah satu kanal YouTube pada 7 Februari 2024. Namun setelah disimak isi video hanya berisi potongan video dari wawancara 2 orang relawan dari Anies Baswedan Rakyat Bersatu (ABRI-1) mengenai dukungan mereka kepada Anies.

Selanjutnya, dalam unggahan tersebut juga menampilkan sebuah potongan video yang memperlihatkan Ma’ruf Amin sedang berpidato dan duduk bersamaan dengan Anies Baswedan dalam sebuah acara.

BACA JUGA:   CEK FAKTA: Prabowo Bilang Neraca Perdagangan Indonesia Surplus Lima Tahun Berturut-turut

Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, ditemukan hasil temuan jika acara itu merupakan acara Haul Guru Tua yang ke-51 yang digelar pada tahun 2019 lalu. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan jika klaim yang menyebutkan Ma’ruf Amin memberikan perintah kepada ribuan ulama NU adalah informasi yang tidak benar.

Selain itu, isi yang disajikan dalam video tidak menjelaskan informasi yang sesuai pada judul. Foto Ma’ruf Amin dan Anies Baswedan yang diperlihatkan dalam video tersebut berasal dari foto mereka di acara Haul Guru Tua ke 51.

BACA JUGA:   CEK FAKTA: Anies Bilang Situs Kementerian Pertahanan Pernah Dibobol Hacker, Ini Faktanya

Sumber Rujukan:
https://www.malutprov.go.id/gubernur-maluku-utara-menghadiri-haul-guru-tua-ke-51

Share this Article
Leave a comment