Ad imageAd image

Sajikan Tontonan Menyenangkan, Educa Studio Salatiga Hadirkan Chanel Youtube Riri Cerita Anak Interaktif

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 810 Views
2 Min Read
Studio game dan animasi asal Kota Salatiga bernama Educa Studio menghadirkan channel Youtube yang bertujuan untuk mengangkat budaya nusantara sekaligus memberikan pendidikan karakter kepada anak. (Foto: Educa Studio Salatiga)

INDORAYA – Saat ini teknologi semakin canggih dan berkembang sangat cepat. Salah satunya tontonan yang semakin banyak beredar mulai dari tontonan anak usia dini hingga tontonan dewasa. Penting bagi orang tua untuk mengawasi anak usia dini agar tidak menonton konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Menurut dari Association for Natural Psychology, anak yang terlalu banyak menyaksikan tontonan yang tidak sesuai dengan umurnya akan memiliki gaya hidup yang lebih pasif. Tentunya, hal ini dapat mempengaruhi pikiran dan perilaku anak.

Beberapa tontonan anak mengandung adegan kekerasan atau hal-hal yang tidak realistis sehingga menyebabkan ia mengembangkan imajinasinya dan berpikir bahwa mereka dapat melakukan hal yang serupa.

Untuk mengimbangi banyaknya konten yang kurang sesuai dengan umur anak , studio game dan animasi asal Kota Salatiga bernama Educa Studio menghadirkan channel Youtube yang bertujuan untuk mengangkat budaya nusantara sekaligus memberikan pendidikan karakter kepada anak.

“Konten harus banyak agar anak-anak bisa terus terpapar dengan konten yang sesuai dengan umurnya,” jelas Fransisca Gracelly selaku perwakilan Educa Studio melalui keterangan resminya yang diterima pada Selasa (16/1/2024).

Sisca, sapaan akrabnya, menegaskan berasal dari tujuan itulah, lahir channel Riri Cerita Anak Interaktif yang bisa ditonton di Youtube.

“Riri Cerita Anak Interaktif berkomitmen menghadirkan serial animasi untuk anak-anak dengan sentuhan pendidikan karakter, moral, dan akulturasi budaya,” ujarnya.

Sisca menjelaskan, kisah Riri engangkat berbagai dongeng, cerita rakyat, fabel dan cerita orisinal dari seluruh penjuru nusantara dan dunia.

“Riri ingin meningkatkan literasi dengan cara yang modern dan juga tetap menyajikan hiburan yang menyenangkan, sehingga tetap sesuai dengan zamannya,” tuturnya.

Saat ini Channel Riri Cerita Anak Interaktif sudah mencapai 1,4 juta lebih subscriber dan sudah ditonton lebih dari 260 juta kali.

Educa Studio tidak berpuas diri, di mana dampak untuk literasi dan pelestarian budaya melalui Riri dilanjutkan dalam bentuk yang lain.

Riri hadir dalam bentuk aplikasi dengan ribuan buku digital original, Riri juga hadir dalam bentuk podcast di spotify, dan juga Educa Studio menggandeng Grasindo (Gramedia Group) untuk menghadirkan Riri dalam bentuk buku cetak.

Share this Article
Leave a comment