Ad imageAd image

Saat Idul Fitri Presiden Jokowi Bersama Keluarga Silaturahmi ke Kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono X

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 138 Views
3 Min Read
Momen Presiden Jokowi dan Sri Sultan Hamengkubuwono X saat silaturahmi usai menjalankan salat Id di Jogja, Senin (2/5/2022) (dok. Sekretariat Presiden)

INDORAYA – Istana Kepresidenan Jogja menjadi lokasi Presiden Joko Widodo dan keluarga untuk melaksanakan salat Id. Setelah menjalankan salat Idul Fitri, ia bersama keluarganya bersilaturahmi dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X dan Menhan Prabowo Subianto

Momen salat Id di Gedung Agung itu juga sempat dibuka untuk masyarakat umum. Beberapa warga yang hendak salat di luar pagar akhirnya diperbolehkan mengikuti salat dengan Jokowi di halaman Gedung Agung.

Seusai salat atau sekitar pukul 09.00 WIB, Jokowi sekeluarga bertolak ke Keraton Jogja. Jokowi bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X.

Sultan dan GKR Hemas dan keluarga menyambut Jokowi sekeluarga di pintu masuk Keben. Jokowi tampak memakai kemeja batik warna cokelat, bercelana panjang hitam, dan memakai peci hitang, sedangkan Iriana tampak berbusana serba putih mulai dari pakaian hingga kerudung. Sementara Sultan sekeluarga memakai baju batik.

BACA JUGA:   Pemerintah Diminta Perhatikan Titik Rawan Kecelakaan Saat Mudik Nanti

Dalam pertemuan tersebut, hadir sejumlah anak dan menantu Sultan Hamengkubuwono X, yakni GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, GKR Hayu, GKR Bendoro, KPH Yudanegara, KPH Notonegoro, dan KPH Purbodiningrat.

Jokowi menyebut kedatangannya ke Keraton untuk silaturahmi dengan Sultan. Dia menyebut pertemuan dengan keluarga Keraton Jogja yang berlangsung sekitar 30 menit ini berjalan baik.

“Iya ini apa, pertama Karena saya Idul Fitri saat ini berada di Jogja. Pertama kali yang kami kunjungi dan silaturahmi menghaturkan Selamat Idul Fitri, hari raya mohon maaf lahir batin Bapak Sultan beserta Ibu Ratu dan keluarga,” kata Jokowi usai bertemu Sultan dan keluarga di Keraton, Senin (2/5/2022).

BACA JUGA:   Tilik Desa Kranggan Banyumas, Anggota DPRD Jateng Asfirla Fokus Serap Usulan Warga

Hal senada juga disampaikan Sultan. Sultan menyebut pertemuan ini murni silaturahmi.

“Bagi saya kita silaturahmi, tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang urgent maupun yang penting, politik, nggak. Kita silaturahmi,” ucap Sultan.

Seusai silaturahmi dengan Sultan, Jokowi sekeluarga lalu kembali ke Gedung Agung. Di Gedung Agung ternyata sudah menunggu Menhan Prabowo yang datang menggunakan Toyota Alphard warna putih.

Prabowo diketahui datang bersama putra semata wayangnya Didit Hediprasetyo. Jokowi menyebut pertemuannya dengan Prabowo ini untuk silaturahmi dan membicarakan topik ringan.

“Pagi siang hari ini saya ketamuan pak Prabowo dan mas Didit dalam rangka silaturahmi di hari yang fitri ini, di Hari Raya Idul Fitri ini,” kata Jokowi di Gedung Agung.

BACA JUGA:   Presiden Pastikan Joe Biden dan Xi Jinping Hadir di G20 Bali

“Tadi kami banyak berbincang-bincang tetapi hal-hal yang ringan-ringan bukan politik ndak, ekonomi juga ndak, hal-hal yang ringan-ringan semua yang kita bicarakan,” sambung Jokowi.

Hal senada juga disampaikan Prabowo. Prabowo menyebut tak ada topik politik dalam pertemuan keduanya.

“Kita berbincang-bincang secara ringan kita sama-sama cocok tinggal di Bogor,” kata Prabowo, yang disambut tawa kecil Jokowi.

Prabowo pun mengungkap menu makan siangnya bersama Jokowi. Tak hanya opor, Prabowo juga mengaku dijamu tahu bacem.

“Dan saya kira ya intinya itu tadi juga selain itu saya tadi makan bakso dan tempe bacem, opor. Ada dua macem ya pak opornya tadi,” pungkas Prabowo.(FZ)

Share this Article