Ad imageAd image

RS Al-Quds di Gaza Berhenti Operasi Karena Listrik Padam

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 902 Views
1 Min Read
Ilustrasi rumah sakit di Gaza (Foto: istimewa)

INDORAYA – Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengumumkan Rumah Sakit Al-Quds di Gaza tidak lagi beroperasi karena kekurangan bahan bakar dan pemadaman listrik.

“PRCS meminta pertanggungjawaban komunitas internasional dan para penandatangan Konvensi Jenewa Keempat atas kehancuran total sistem kesehatan dan kondisi kemanusiaan yang mengerikan yang diakibatkannya,” ujar PRCS lewat akun X-nya seperti dilansir Al Jazeera, Minggu (12/11/2023).

PRCS menyatakan staf medis sudah berupaya melakukan semua hal untuk merawat pasien dan orang-orang yang terluka. Termasuk, dengan melakukan perawatan konvensional.

“Krisis kemanusiaan di Gaza terutama di kawasan utaranya semakin memburuk dengan meningkatnya serangan militer Israel,” tulis PRCS.

PRCS menyebut militer Israel menjadikan rumah sakit target pengepungan. PRCS juga menyebut militer Israel mempersulit ambulans menuju rumah sakit.

Berhentinya operasi RS Al-Quds menambah panjang daftar rumah sakit yang berhenti beroperasi di Gaza. Sebelumnya, RS Al-Shifa di Gaza juga sudah berhenti beroperasi karena kehabisan bahan bakar untuk menyalakan generator.

Selain itu, RS Indonesia di Gaza juga lumpuh. RS Indonesia sudah kehabisan bahan bakar untuk generator dan kesulitan memenuhi obat-obatan.

 

Share this Article
Leave a comment