Ad imageAd image

RI Buka Kerja Sama Perikanan dengan Kota Fuzhou China

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 752 Views
2 Min Read
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan kunjungan kerja ke Two Countries Twin Park. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono membuka potensi kerja sama dengan Pemerintah Kota Fuzhou, China. Fuzhou dijuluki dengan Kota Maritim lantaran perkembangan industri kelautannya berkembang pesat.

Pada tahun lalu, nilai ekspor perikanan mencapai US$ 1,12 miliar atau naik sekitar 26,29% dari 2021. Sedangkan produk perikanan utama ekspor mencakup udang, cumi sotong gurita, rumput laut, serta rajungan kepiting.

“Pagi tadi kami sempat meninjau beberapa industri perikanan di Fuzhou dan kami memandang Indonesia bisa bekerja sama dan ada banyak produk perikanan Indonesia yang bisa diekspor ke Fuzhou,” ungkap Trenggono dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/5/2023).

BACA JUGA:   Menteri Kelautan Sebut Pasir Laut Dikeruk untuk Reklamasi, Termasuk IKN

Trenggono menyampaikan hal itu saat bertemu dengan Anggota Komite Tetap Partai Komunis China (CPC) Provinsi Fujian yang juga Sekretaris Komite CPC Fuzhou, Lin Bao Jin di Fuzhou, Jumat (26/5) kemarin.

Kunjungan Trengono ke Fuzhou dalam rangka menekan kerja sama dengan Two Countries Twin Park. Kerja sama itu antara Indonesia dengan RRT, khususnya di bidang kelautan dan perikanan.

Selain itu, dia juga bertemu Walikota Pemerintah Rakyat Kota Fuzhou Mr Wu Xiande, serta jajaran pelaku industri perikanan. Kata dia, pihaknya juga menawarkan peluang kerjsa sama di sejumlah bidang lainnya, seperti perikanan budidaya, tangkap, serta industri pengolahan.

BACA JUGA:   Menteri Kelautan Sebut Pasir Laut Dikeruk untuk Reklamasi, Termasuk IKN

“Indonesia juga memiliki sumber daya perikanan tangkap dan budidaya yang besar, didukung teluk yang menarik dan pesisir yang luas. Tata kelola perikanan Indonesia juga mengedepankan prinsip ekonomi biru yang mengutamakan keberlanjutan,” jelas dia.

Share this Article
Leave a comment