Ad imageAd image

Respon TGB Soal Israel Ikut Piala Dunia U-20 Di Indonesia

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 853 Views
2 Min Read
Ketua Dewan Harian Nasional Partai Persatuan Indonesia (Perindo), TGB Muhammad Zainul Majdi. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia, pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Israel menjadi salah satu partisipan di ajang sepak bola junior tertinggi. Keikutsertaannya menimbulkan kontroversi.

Merespon hal itu, Ketua Dewan Harian Nasional Partai Persatuan Indonesia (Perindo), TGB Muhammad Zainul Majdi, menyampaikan bahwa permasalahan Israel dan Palestina bukan hanya masalah agama. Namun, berkaitan dengan komitmen konstitusional Indonesia yang menolak adanya penjajahan di seluruh dunia.

“Jadi selama masih ada pembukaan undang-undang dasar kita seperti itu, maka kita harus menentang penjajahan. Penjajahan terakhir di muka bumi yang paling kasat mata memang yang dilakukan Israel terhadap Palestina,” ucap TGB.

BACA JUGA:   Singgung Soal Ancaman Sanksi FIFA, Menpora Dito: Selalu Support Ketua PSSI

Kendati demikian, TGB mengatakan bahwa penolakan atau penerimaan sepak bola Israel di Indonesia, tidak akan mengubah sikap Indonesia dalam menentang aneksasi Israel terhadap Palestina.

“Kalau saya pribadi, kalau di hadapkan pada kita tidak jadi tuan rumah kalau tidak menerima Israel. Atau kita tetap jadi menerima dan tim Israel bertanding, ya sudah tidak apa dia datang,” jelasnya.

“Kan datangnya dia tidak mengubah komitmen kita sama Palestina. Bahkan datangnya dia menjadi pelajaran bahwa kita tetap pada komitmen itu. Mau dia datang atau tidak,” lanjut dia.

BACA JUGA:   Israel Menolak Menghakimi Tentara Yang Menembak Jurnalis Al Jazeera Yang Ditembak Mati

Lebih lanjut, TGB menambahkan soal komitmen penolakan Indonesia terhadap Israel dapat dilihat dari tataran diplomasi, termasuk keputusan Indonesia untuk tidak membuka kantor kedutaan atau konsulat jenderal di Israel.

“Jadi kita harus melihat kepentingan mana yang lebih besar,” pungkasnya.

Share this Article
Leave a comment