Ad imageAd image

Relawan Gunungpati Peduli Kirim Bantuan Bumbu Pawon untuk Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

Kartika Ayu
By Kartika Ayu 110 Views
3 Min Read
Komunitas Relawan Gunungpati Peduli asal Semarang saat pelepasan pengiriman bantuan berupa bumbu pawon dan kebutuhan lainnya di Kantor Kecamatan Gunungpati, Kamis (13/1/2022) pagi.

INDORAYA – Komunitas Relawan Gunungpati Peduli asal Semarang mengirimkan beberapa bantuan kebutuhan logistik ke korban erupsi Gunung Semeru. Namun bantuan kali ini yang diberikan berbeda yaitu berupa bumbu pawon atau bumbu dapur lengkap.

Bantuan pangan itu dikirim dalam jumlah banyak sehingga bisa mencakup kebutuhan untuk berminggu-minggu. Dari bumbu yang diberikan, nanti bisa diolah menjadi masakan yang bervariasi seperti gulai, soto atau menu lainnya.

“Kami sengaja kirim bumbu pawon karena tak sedikit pengungsi mengeluh bosan sering makan mie instan dan telur,” ucap ketua harian Gunungpati Peduli Sulistyawan kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Jateng Heri Pudyatmoko Tegaskan Pentingnya Sinergitas Antar Lembaga Kemasyarakatan

Ia menambahkan, selain bumbu pawon, ada bantuan lain yang juga dikirim berupa ikan asin, sandang baru, masker anak dan dewasa, tembakau tingwe dan kebutuhan sehari-hari bagi korban bencana erupsi Gunung Semeru lainnya.

“Tak lupa kami berikan pula buah rambutan agar pengungsi bisa menikmati buah khas ikon Gunungpati,” terangnya.

Menurutnya, bantuan untuk korban bencana ini perlu terus disalurkan lantaran para pengungsi masih butuh uluran tangan. Apalagi kabar terbaru kemarin sore, Rabu (12/1/2022), masih terjadi lahar dingin di Semeru.

“Tentu kami memberikan bantuan sesuai kebutuhan. Dari informasi relawan di sana kebutuhan mendesak bumbu dapur,” bebernya.

BACA JUGA:   Senangnya Juwanto Menerima Bantuan Alat Pertanian Aspirasi Wakil Ketua DPRD Jateng

Bantuan tersebut, merupakan hasil penggalangan dana selama satu bulan yang dikumpulkan oleh relawan. Penggalangan dana dilakukan baik membuka posko maupun mengamen di jalan dengan Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Gunungpati.

“Kami mengamen di jalan sebanyak dua kali yang hasilnya sepenuhnya diberikan kepada para pengungsi,” tuturnya.

Tak hanya bantuan logistik, Sulis menyebut, Gunungpati Peduli juga menerjunkan lima orang relawannya untuk bertugas di lokasi erupsi Gunung Semeru. Relawan Gunungpati Peduli itu diterjunkan di bagian dapur umum, distribusi logistik dan pembersihan material pasir.

“Kami sudah berkoordinasi dengan relawan yang sudah ada di sana, hasil penugasan kami diterjunkan di bagian tersebut,” paparnya.

BACA JUGA:   Heri Pudyatmoko: Kenali dan Gali Potensi Ekonomi Serta Tetap Berwawasan Kebangsaan

Para relawan Gunungpati Peduli dilepas secara simbolis oleh Sekretasis Kecamatan (Sekcam) Gunungpati, Komara Yuni Armi di kantor Kecamatan Gunungpati, Kamis (13/1/2022) pagi.

“Kami sangat apresiasi kontribusi sosial para relawan Gunungpati Peduli ke Lumajang,” ujarnya yang juga Ketua PMI Kecamatan Gunungpati.

Tak lupa, pihaknya juga memberikan bantuan tambahan berupa masker, peralatan dapur umum, sabun, hand sanitizer agar korban erupsi Gunung Semeru bisa terjaga kebersihan dan terhindar dari virus penyakit yang menular.

“Bantuan kami peruntukan bagi korban erupsi Gunung Semeru,” imbuhnya. (IR)

Share this Article