Ad imageAd image

Relawan Bantah Gibran Pakai Gimik Rendahkan Lawan di Debat Cawapres: Dinamika Forum, Wajar

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 1.7k Views
4 Min Read
Gibran Rakabuming Raka saat memaparkan visi misi dalam debat cawapres, Minggu (21/1/2024). (Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI)

INDORAYA – Barisan Relawan Gigih Berani (Bala Gibran) membantah calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, yang dibilang lebih memainkan gimik untuk merendahkan Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD dalam debat cawapres pada Minggu (21/1/2024) malam.

Menurut Ketua Relawan Bala Gibran Ellen Kurnalis, penampilan yang ditunjukkan Gibran dalam debat merupakan dinamika forum. Apabila ada sikap emosional atau gimik, itu menjadi hal lumrah dalam debat.

“Itu dinamika, sebatas respon atau dinamika di forum itu pasti siapapun akan mengalami sikap emosional yang mungkin menjadi lumrah,” katanya saat dihubungi Indoraya.news, Senin (22/1/2024).

Bagi Ellen, Gibran sama sekali tidak punya niat sedikitput untuk merendahkan calon wakil presiden lainnya. Bahkan seusai debat berlangsung, Gibran justru malah meminta maaf dan bersalaman dengan Cak Imin dan Mahfud MD.

BACA JUGA:   Update Real Count KPU: Prabowo-Gibran Unggul Tipis dari Ganjar-Mahfud di Kota Semarang

“Bukan berati itu bentuk meredahkan, terbukti setelah debat Mas Gibran meminta maaf atau secara santun berjabat tangan sesudahnya, dan didahului permintaan maaf kepada Pak Mahfud dan Muhaimin,” ujar dia.

Dia bilang, jika ada pihak yang mengartikan trik Gibran berdebat merendahkan lawan, maka hal serupa juga dilakukan oleh Anies dan Ganjar terhadap Prabowo dalam debat capres awal 7 Januari 2024 lalu.

Menurutnya, penampilan dari seluruh pasangan calon dalam debat Pilpres 2024 merupakan dinamika yang wajar dalam sebuah panggung perdebatan.

“Kalau dibilang gimik ya lumrah saja paslon yang lain juga melakikan trik yang hampir sama terhadap Pak Prabowo. Bukan berati balas dendam, ini spontanitas di panggung dan hal lumrah saja,” ungkap Ellen.

“Ya saya kira itu dinamika panggung, masih lumrah masih dalam batas-batas wajar, Mas Gibran seperti biasa minta maaf kalau ada kesalahan di medsos atau spontanitas panggung sudah melakukan itu. Artinya sudah selesai,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Gibran Bakal Lanjutkan Hilirisasi: Green Jobs Peluang Kerja Masa Kini dan Masa Depan

Relawan Puji Penampilan Gibran

Di luar itu, Relawan Bala Gibran juga memuji penampilan Gibran yang baik dalam memaparkan visi misi dan program di tengah banyak pihak yang meremehkan Gibran karena belum berpengalaman.

“Saya kira debat tadi malam Mas Gibran itu semakin menunjukkan Mas Gibran selama ini yang diremehkan oleh banyak pihak. Ini menunjukkan meneguhkan konsistensi dalam gagasan dalam visi misi,” katanya.

Menurut Ellen, Gibran berhasil konsisten dalam mengusung tema keberlanjutan dan hilirisasi program pemerintahan Jokowi.

“Dari apa yang dibicarakan Mas Gibran dilihat orang ya sebagai sesuatu yang monoton tapi itu sesuatu yang konsisten. Mas Gibran mengusung tema hilirisasi, keberlanjutan pemerintahan Pak Jokowi, itu yang disuarakan Mas Gibran dan bentuk konsistensi dibanding calon lain,” katanya.

BACA JUGA:   Respon Jokowi Soal Golkar Usung Gibran Jadi Cawapres Prabowo: Bukan Urusan Presiden

Salah satunya, kata Ellen, kebijakan untuk melanjutkan program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hilirisasi, dan konektivitas antar kawasan industri untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Visi misi paslon 02 Prabowo-Gibran memang melanjutkan apa yang sudah dilanjutkan pemerintahan saat ini, dari IKN hilirasi, konektivitas antar kawasan industri dan sentra-sentra produk yang lain,” ucap dia.

Menurut Ellen, Prabowo-Gibran sering menyuarakan hilirisasi dan keberlanjutan ialah bentuk konsistensi. Bukan karena tidak ada topik lain yang bisa disampaikan dalam debat.

“Tadi malam pas debat disinggung itu dan masih konsisten, yang penting adalah itu konsistensi Mas Gibran untuk selalu menyuarakan hal sama, bukan berarti tidak ada topik atau tema lain,” tandas Ellen.

Share this Article
Leave a comment