Ad imageAd image

Rekomendasi 4 Air Terjun di Grobogan Yang Bisa Jadi Alternatif Liburan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 147 Views
3 Min Read
ilustrasi air terjun (dok. pixabay)
INDORAYA – Tak banyak yang tahu jika di Kabupaten Grobogan juga terdapat beberapa air terjun, yang tak kalah menarik dengan wilayah lain. Bahkan air terjun yang ada di Kabupaten Grobogan termasuk masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Berikut ini 4 objek wisata air terjun di Grobogan, kabupaten yang dikenal dengan semboyan Bersemi alias Bersih, Sehat, Mantap, dan Indah.

1. Air Terjun Mbengkat Indah atau Taruman

Air terjun di Desa Taruman, Kecamatan Klambu, ini layak menjadi buruan traveler lantaran belum banyak dikunjungi. Alamnya masih asri. Untuk menuju ke air terjun ini, pengunjung harus menuruni lereng bukit curam yang sudah dilengkapi anak tangga beton dengan pegangan dari bambu.

Air terjun Mbengkat Indah ada dua tingkat dengan ketinggian sekitar 4-5 meter. Airnya jernih, bersih, dan tidak bau. Saat ini, Air Terjun Mbengkat Indah jauh lebih menarik untuk dikunjungi karena sudah tidak banyak ranting pepohonan yang mengganggu pemandangan.

2. Air Terjun Watu Ondo

BACA JUGA:   Utang Indonesia Mencapai Rp 7.000 triliun, Apakah Akan Bernasib Sama Dengan Sri Lanka?

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki dinding batu alami yang bentuknya unik menyerupai susunan anak tangga atau ondo dalam Bahasa Jawa. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya berkisar 3-4 meter saja. Namun, air terjun ini terbilang lebar atau memanjang.

Belum banyak wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Watu Ondo karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota Grobogan. Air Terjun Watu Ondo berada di area hutan perhutani KPH Purwodadi, tepatnya di Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, yang berbatasan dengan Kabupaten Pati.

BACA JUGA:   Sosok Johnny Depp di Film Pirates Of The Caribbean Akan Digantikan Margot Robbie

3. Air Terjun Widuri

Air terjun Widuri berada di wilayah Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari. Air terjun ini bisa dibilang yang tertinggi di Grobogan, yaitu mencapai sekitar 10 meter dan lebarnya sekitar 3 meter. Berada di kawasan hutan yang kaya akan sumber air semakin menambah elok pemandangan di objek wisata ini.

4. Grojogan Kinasih

Meski kalah tinggi jika dibandingkan dengan air terjun lainnya di Grobogan, Grojokan Kinasih punya daya tarik tersendiri. Di sini, pengunjung akan menemukan banyak sisi batu yang memperlihatkan aliran air berbelok-belok seperti memiliki jalur khusus.

BACA JUGA:   Jelang Idul Adha, Pedagang Kambing Luar Kota Semarang Berdatangan

Itulah sebabnya air terjun berketinggian sekitar enam meter ini disebut grojogan. Setidaknya ada empat grojogan di situ dengan lebar rata-rata sekitar meter.

Berada di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, air terjun ini terbilang sudah banyak dikunjungi wisatawan. Meski demikian, jangan ragu untuk menyaksikan keindahan alamnya.(FZ)

Share this Article