Ad imageAd image

Ratusan Panwaskel Kota Semarang Resmi Dilantik 

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 976 Views
2 Min Read
Sebanyak 177 Panitia Pengawas Pemilu di tingkat kelurahan di Kota Semarang yang resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang. Pelantikan itu dilakukan serentak di 16 kecamatan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan, pada Sabtu (1/5/2024). (Foto : Bawaslu Kota Semarang)

INDORAYA – Sebanyak 177 Panitia Pengawas Pemilu di tingkat kelurahan di Kota Semarang yang resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang. Pelantikan itu dilakukan serentak di 16 kecamatan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan, pada Sabtu (1/5/2024).

Dalam acara tersebut, camat setempat dan unsur Forkopimcam lainnya, serta tim supervisi dari Bawaslu Kota Semarang.

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman mengucapkan selamat kepada ratusan anggota pengawas pemilu di tingkat kelurahan yang baru saja dilantik.

Dia menyampaikan bahwa Panwaslu Kelurahan harus memiliki jiwa berani dan tegas dalam mencegah, mengawasi dan menindak setiap tindakan politik uang yang masih terjadi, netralitas ASN, TNI/ Polri, hoax, politisasi SARA, dan kampanye hitam.

“Saya berharap Ibu Bapak Panwaslu Kelurahan yang telah terlantik segera beradaptasi dengan sistem kerja yang ada, cepat menyesuaikan diri dan memedomani segala peraturan, mulai dari UU Pemilihan, Perbawaslu, PKPU, Petunjuk Teknis dan segala regulasi lainnya, serta juga instruksi yang diberikan oleh atasan secara berjenjang mengingat pengawasan nantinya terhadap perhelatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota sehingga penguasaan terhadap ragam regulasi menjadi penting sebagai bekal mengawasi,” ujarnya.

Setelah dilantik, Panwaslu Kelurahan diberi pembekalan mengenai tugas dan fungsinya dalam mengawasi Pilkada 2024. 16 Panwaslu Kecamatan yang bertugas melantik serta memberi pembekalan, sangat antusias dalam mengarahkan jajaran Pengawas Kelurahan untuk meningkatkan kapasitas mereka.

“Bertepatan dengan hari lahir Pancasila, selain sebagai ideologi negara, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam penyelenggaraan Pemilihan. Semangat Pancasila tersebut harus dimiliki Panwaslu Kelurahan dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” pungkasnya.

Share this Article