Ad imageAd image

Rahasia Terungkap, NATO Berencana Perangi Rusia

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 931 Views
2 Min Read
Ilustrasi bendera NATO. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Para pemimpin Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) berencana untuk menanggapi serangan Rusia. Pejabat tinggi NATO, Laksamana Rob Bauer memperingatkan, perlunya negara-negara NATO melakukan persiapan. Karena konflik “dapat muncul dengan sendirinya dan kapan saja”.

“Perbedaan mendasar antara manajemen krisis dan pertahanan kolektif adalah ini: Bukan kita tetapi musuh kita yang menentukan garis waktu,” kata Laksamana Bauer, dikutip Reuters, Minggu (21/5/2023).

“Kita harus mempersiapkan fakta bahwa konflik dapat muncul dengan sendirinya kapan saja,” ujarnya.

Dilaorkan NATO belum menyusun rencana terperinci untuk mempertahankan diri dari serangan Rusia sejak akhir Perang Dingin. Namun, langkah tersebut, akan disetujui pada pertemuan puncak tahunan aliansi di Vilnius pada Juli.

BACA JUGA:   Kena Dampak Negatif, ASEAN Minta Rusia-Ukraina Berhenti Perang dan Cari Solusi Damai

“Sekutu akan tahu persis pasukan dan kemampuan apa yang dibutuhkan, termasuk di mana, apa dan bagaimana menyebarkannya,” kata Kepala NATO Jens Stoltenberg tentang dokumen yang sangat rahasia.

Beberapa pihak mengatakan kemungkinan rencana itu membutuhkan waktu beberapa tahun untuk diterapkan sepenuhnya. Namun beberapa pejabat NATO Eropa mengindikasikan siap perang.

“Kami siap bertempur malam ini,” kata wakil kepala staf di Markas Besar Kekuatan Sekutu Eropa (SHAPE) NATO, Letnan Jenderal Hubert Cottereau, dimuat Newsweek.

“Jika Rusia mengerahkan pasukan di perbatasan itu akan membuat kita gelisah, jika kita mengerahkan pasukan di perbatasan itu akan membuat mereka gelisah,” katanya.

BACA JUGA:   Jokowi Sebut Perang Rusia-Ukraina Masih Jadi Tantangan Ekonomi

“Kabar baiknya adalah kita berbicara tentang transparansi medan perang. Dengan semua satelit, dengan semua intel kita dapat melihat krisis yang makin matang,” tambahnya.

Share this Article
Leave a comment