Ad imageAd image

PW Muhammadiyah Jateng Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Kegiatan Selama Bulan Ramadan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 943 Views
2 Min Read
Ketua PW Muhammadiyah Jateng KH. M Tafsir. (Foto: Dokumen pribadi untuk Indoraya)

INDORAYA – Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) berupaya meningkatkan program maupun kegiatan selama bulan Ramadan, baik secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini akan berlaku di seluruh kantor cabang, masjid, musala, maupun pusat dakwah Muhammadiyah di seluruh Jateng.

“Namanya bulan penuh berkah, maka di setiap kantor-kantor Muhammadiyah dan di pusat-pusat dakwah, di masjid dan musala milik Muhammadiyah semuanya meningkatkan kegiatan, baik kuantitas maupun kualitas,” Ketua PW Muhammadiyah Jateng, KH. M Tafsir.

Ia menjelaskan, untuk programnya salah satunya yaitu pengajian dan ceramah atau kultum singkat setelah salat tarawih di masjid/musala milik Muhammadiyah. Kegiatan ini akan ditingkatkan baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

BACA JUGA:   PC Satria Gerindra Kota Magelang Usulkan Sudaryono Bertarung di Pilgub Jateng

“Kuantitas jadwalnya ditambah, kegiatan yang biasanya misalnya hanya pengajian di Ahad pagi ditambah kultum tarawih, kajian jelang buka puasa, jadi kuantitasnya ditambah. Kualitasnya juga ditingkatkan, misalnya materinya ditambah dari yang biasanya,” ujar Tafsir.

Selain itu, PW Muhammadiyah Jateng juga akan menggiatkan amalan-amalan sosial pada bulan Ramadan. Seperti halnya penyantunan kepada kaum dhuafa, pembagian takjil buka puasa untuk masyarakat, maupun gelaran bazar murah.

“Juga amalan-amalan sosial yang lain, baik penyantunan kaum dhuafa, pembagian takjil buka bersama, dan juga bazar-bazar murah yang kita adakan di berbagai tempat,” ungkap Tafsir.

BACA JUGA:   Basarnas Kerahkan 2.657 Personel untuk Hadapi Kedaruratan Selama Lebaran 2024

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh warga Muhammadiyah di Jateng untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan amal kebaikan. Meliputi kebaikan vertikal atau yang berhubungan dengan Allah maupun kebaikan sosial antar sesama umat manusia.

“Kebaikan vertikal kita lakukan dalam bentuk melaksanakan salat tarawih, tadarus Al-Quran, baik itu bacaan maupun maknanya. Kemudian iktikaf di masjid, berzikir, itu kebaikan vertikal,” terangnya.

“Juga kebaikan sosial dengan sesama. Kita perbanyak berinfaq, zakat, sedekah, karena pahalanya dilipatgandakan. Berbagi di bulan Ramadan tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga berbagi pada orang lain,” pungkas Tafsir.

BACA JUGA:   Bawaslu Jateng Butuh 117.299 Pengawas TPS Pemilu 2024, Gajinya Rp 1 Juta
Share this Article
Leave a comment