Ad imageAd image

Puluhan Titik TPS di Demak Kebanjiran, Coblosan Bakal Dipindah di Tempat Pengungsian

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 37 Views
3 Min Read
Ilustrasi logistik Pemilu 2024. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Puluhan titik lokasi di Kabupaten Demak yang akan dibangun Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu pada 14 Februari 2024 besok, hingga saat ini kondisinya masih direndam banjir.

Menyikapi hal ini, pemerintah daerah bersama jajaran penyelenggara Pemilu berencana memindahkan TPS terdampak banjir di lokasi pengungsian agar proses pemungutan dan perhitungan suara tetap berjalan.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengatakan, ada beberapa daerah di Demak yang saat ini masih terdampak banjir. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bupati Demak serta KPU Jateng dan KPU Demak.

“Di Demak ada 30 desa (terdampak banjir. Kami sudah melakukan koordinasi dengan bupati, KPU kabupaten, dan KPU provinsi. Kita memang harus memindahkan TPS-TPS yang terdampak banjir,” katanya saat meninjau banjir Demak, Sabtu (10/2/2024).

BACA JUGA:   1.382 Desa di Jateng Alami Kekeringan, 76 Juta Liter Air Bersih Disalurkan

Untuk logistik Pemilu, kata Nana, tidak mengalami kerusakan. Hal tersebut karena logistik pemilu di lokasi terdampak banjir masih berada di kantor kabupaten atau belum didistribusiksn ke TPS.

“Kita bersyukur logistik pemilu masih aman tinggal nanti koordinasi dengan KPUD untuk memindahkan lokasi TPS ke dekat penampungan pengungsi,” katanya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera mengatasinya agar kejadian ini tidak terulang kembali.

“Kami bersama Dirjen PUPR langsung mengecek ke lokasi, ini sudah dilakukan langkah-langkah dengan memasukkan alat berat ke lokasi dan saat ini sudah dilakukan (pemasangan) tiang pancang dengan menggunakan bambu,” ujar Nana.

BACA JUGA:   Kisah Warga Buka Jasa Perahu Saat Banjir Rendam Banjarsari Pati, Tarif Seikhlasnya

Sementara itu, Sekretaris KPU Provinsi Jateng, Rudinal memastikan bahwa banjir di Demak dan Grobogan yang terjadi pada pekan ini tidak berdampak pada kondisi logistik Pemilu.

Dia memastikan bahwa logistik Pemilu 2024 seperti bilik suara, kotak suara, dan surat suara tetap dalam kondisi aman karena saat kejadian banjir berada di gudang KPU kabupaten.

“Logistik pemilu untuk daerah yang terdampak masih di gudang KPU kabupaten, belum bergeser (didistribusi) ke PPK (panitia pemilihan kecamatan), jadi masih aman,” kata Rudinal.

Dia mengatakan, rencana pendistribusian logistik masih menunggu situasi lapangan. Dia berharap proses pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 dapat berjalan sukses.

BACA JUGA:   Pengamat Politik Undip Sebut Sudaryono Jadi Rising Star di Pilgub Jateng

“Alhamdulillah Grobogan aman, untuk semua tempat penyimpanan logistik pada gudang KPU, belum ada pergeseran ke PPK. Dan direncanakan minggu ada rapat persiapan pergeseran sambil melihat situasi di lapangan,” tandas Rudinal.

Diketahui sebelumnya banjir menerjang Demak sejak Kamis (8/2/2024). Banjir disebabkan sejumlah tanggul sungai yang jebol karena tidak kuat menahan tingginya debit air sungai. Luapan air dari Grobogan juga turut memicu banjir tersebut.

Adapun derah yang paling parah ialah Kecamatan Karanganyar. Hujan yang turun pada Sabtu (9/2/24) memperlambat proses surutnya banjir. Dilaporkan total sebanyak 256 warga telah dievakuasi oleh tim SAR ke tempat yang lebih aman.

Share this Article
Leave a comment