Ad imageAd image

Publik Puas 70,01% Atas Kinerja Jokowi-Ma’ruf di Survei Balitbang Kompas

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 639 Views
1 Min Read
Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Hasil Survei Litbang Kompas menunjukkan terkait kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hasilnya, tingkat kepuasan publik meningkat, berada di angka 70,1% sedangkan responden yang tidak puas sebanyak 29,9%

Angka itu, menunjukkan bahwa adanya apresiasi dari masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Namun, masih ada dua indikator dengan tingkat apresiasi publik di bawah 50 persen.

Jika ditarik pada Oktober 2022, penilaian kepuasan terhadap pemerintahan Jokowi sebanyak 62,1% sedangkan tidak puas ada di tingkat 37,9%.

BACA JUGA:   Darurat Corona di Indonesia Dicabut, Bagaimana Nasib Satgas Covid-19?

Dalam perolehan nilai itu, responden paling puas dengan kinerja pemerintah bidang kesejahteraan sosial. Hasilnya, angka puas berada di nilai 78,0% sedangkan 22,0% tidak puas.

Selain itu, Survei ini juga melakukan kepuasan kinerja pemerintah berdasarkan pemilih pada Pilpres 2019. Pendukung Jokowi-Ma’ruf, puas dengan kinerja saat ini sebanyak 83,4%.

Sementara, yang tidak memilih Jokowi-Ma’ruf mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi-Ma’ruf sebanyak 45,5%.

Survei ini dilakukan pada 29 April hingga 10 Mei 2023 kepada 1.200 responden dari 38 provinsi Indonesia dengan wawancara langsung. Adapun tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of eror +-2,83 persen.

BACA JUGA:   Kunjungan Kerja ke Semarang, Wapres Mak'ruf Amin Tinjau RSUD KRMT Wongsonegoro
Share this Article
Leave a comment