Ad imageAd image

PT KAI Buka Lowongan Kerja, Lulusan SMA Bisa Daftar

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 628 Views
5 Min Read
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang. (Foto: PT KAI Daop 4 Semarang)

INDORAYA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membuka lowongan kerja eksternal untuk lulusan SMA/sederajat, D3, dan S1.

Dilansir dari laman resmi KAI, periode rekutmen pegawai KAI berlaku sejak 21-25 Juni 2024. Adapun proses pelamaran dimulai sejak 23 Juni 2024.

Terdapat delapan lowongan yang disediakan perusahaan pelat merah ini. Pertama, Kepolisian Khusus Kereta Api (Polsuska). Posisi ini tersedia untuk pria lulusan SMA/sederajat semua jurusan.

Kedua, Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana. Posisi ini juga tersedia untuk pria lulusan SMA/sederajat.

Namun, posisi tersebut hanya untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik Bangunan, Teknik Elektro, Teknik Listrik, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Otomasi Industri, Teknik Otomotif, Teknik Pendinginan dan Tata Udara, Teknik Perkapalan, dan Teknologi Pesawat Udara.

Ketiga, Kondektur. Posisi ini tersedia untuk pria lulusan SMA/sederajat jurusan Bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Multimedia, Pariwisata, dan Perhotelan.

Keempat, Operasional Non Crew. Posisi ini tersedia untuk pria lulusan SMA/sederajat jurusan Bahasa, Ilmu Pengetahuan Sosial, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer, dan Teknik Telekomunikasi.

Kelima, Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana. Posisi ini juga diperuntukan untuk pria dan wanita lulusan D3 jurusan Perkeretaapian, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Listrik, Teknik Material, dan Teknik Mesin.

Lalu, Teknik Mesin Perkapalan, Teknik Mesin Pesawat, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan, Teknik Pesawat, dan Teknik Sipil.

Keenam, Operasional Non Crew. Ini tersedia untuk pria lulusan D3 jurusan Administrasi Perkantoran, Administrasi Publik, Akuntansi, Manajemen Bisnis, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Transportasi, Teknik Informatika, dan Teknik Telekomunikasi.

Ketujuh, Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana. Posisi ini tersedia untuk pria dan wanita lulusan S1 jurusan Sistem dan Industri, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, dan Teknik Listrik. Kemudian, Teknik Material, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan, dan Teknik Sipil.

Kedelapan, Operasional Non Crew. Lowongan ini tersedia untuk pria dan wanita lulusan D4/S1 jurusan Akuntansi, Manajemen, Transportasi Darat, Teknik Informatika, Teknik Pesawat, dan Teknik Telekomunikasi.

Persyaratan Pelamar:

1. Pas foto terbaru;
2. Ijazah/Surat Keterangan Lulus (SKL) yang masih berlaku SLTA/D3/D4/S1 asli atau fotocopy legalisir;
3. Transkrip Nilai :
– Tingkat Pendidikan SLTA menggunakan Nilai Ujian Nasional asli (SKHUN) atau fotocopy legalisir. Khusus untuk SLTA yang lulus mulai tahun 2020 dan setelahnya, menggunakan nilai ujian sekolah pada bagian belakang ijazah;
– Transkrip Nilai D3/D4/S1 asli atau fotocopy legalisir.
4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan yang masih berlaku;
5. Akreditasi jurusan program studi D3/D4/S1 pada saat tanggal kelulusan;
6. Untuk peserta dengan tingkat pendidikan D3 dan D4/S1 formasi operasional dan pemeliharaan sarana prasarana wajib melampirkan Ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK);
7. Untuk formasi SLTA-Kondektur wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal sebagai berikut :
a. TOEFL ITP : 350;
b. TOEFL PBT/iBT : 20;
d. TOEIC : 260;
e. IELTS : 2,5.
8. Untuk tingkat pendidikan D3 wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal sebagai berikut :
a. TOEFL ITP : 400;
b. TOEFL PBT/iBT : 32;
d. TOEIC : 345;
e. IELTS : 4,5.
9. Untuk tingkat pendidikan D4/S1 wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal sebagai berikut :
a. TOEFL ITP : 500;
b. TOEFL PBT/iBT : 61;
d. TOEIC : 500;
e. IELTS : 5,5.

Tinggi badan maksimal:

– Formasi Kondektur dan Polsuska : Pria minimal 163 cm dengan berat badan ideal;
– Formasi Operasional Non Crew:
Pria minimal 163 cm dengan berat badan ideal;
Wanita minimal 160 cm dengan berat badan ideal.
– Formasi Operasional dan Pemeliharaan Sarana Prasarana:
Pria minimal 160 cm dengan berat badan ideal;
Wanita minimal 155 cm dengan berat badan ideal.

Usia pelamar per 23 Juni 2024:

– Tingkat Pendidikan SLTA serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun;
– Tingkat Pendidikan D3 serendah-rendahnya 20 tahun dan setinggi-tingginya 27 tahun;
– Tingkat Pendidikan D4/S1 serendah-rendahnya 21 tahun dan setinggi-tingginya 30 tahun.

Tahapan Seleksi :

Tahap 1 : Seleksi Administrasi
Tahap 2 : Seleksi Kesehatan Awal
Tahap 3 : Seleksi Psikologi
Tahap 4 : Seleksi Wawancara
Tahap 5 : Seleksi Kesehatan Akhir (Khusus Formasi POLSUSKA ditambahkan tes Kesamaptaan)

Rencana Pengumuman :

Pelamar yang lulus seleksi tahap 1 (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap 2 (Seleksi Kesehatan Awal) yang rencana akan diumumkan pada tanggal 12 Juli 2024 melalui website https://e-recruitment.kai.id.

Infomasi lebih lanjut bisa dilihat di https://e-recruitment.kai.id.

Share this Article