Ad imageAd image

Progres 60 Persen, Tanggul Darurat di Sungai Pengkol Semarang Ditarget Rampung Pekan Depan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 950 Views
2 Min Read
Pembangunan tanggul darurat di Sungai Pengkol Perumahan Dinar Indah RT 06 RW 26 Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota emarang. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Progres pembangunan tanggul darurat di Sungai Pengkol Perumahan Dinar Indah Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang mencapai 60 persen. Tanggul darurat ini ditargetkan rampung pada pekan depan.

Sebelumnya, tanggul di Sungai Pengkol Perumahan Dinar Indah RT 06 RW 26 Kelurahan Meteseh jebol pada 18 Februari lalu akibat tingginya debit air lantaran hujan deras. Terdapat dua tanggul jebol dengan masing-masing ukuran sepanjang 30 meter dan 3 meter.

Kordinator Lapangan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Fajar Setio mengatakan capaian pembangunan tanggul darurat sudah 60 persen. Pihaknya pun memperkirakan pengerjaan akan rampung seminggu kedepan.

BACA JUGA:   Praktik Pertambangan Ilegal Jateng Dijadian Mata Pencaharian 

“Sudah hampir selesai sekitar 60 persen, karena pengerjaan tinggal yang di utara itu penambahan sandbag dan yang sebelah selatan pengerukan embung sudah selesai dan itu tinggal menambahkan beberapa trucuk bambu saja,” katanya saat ditemui di lokasi, Senin (27/02/2023).

Sudah satu pekan ini DPU Kota Semarang bersama BBWS Pemali Juana sedang bekerja sama membangun tanggul darurat dari sandbag dan trucuk bambu. Untuk mencapai target, puluhan pekerja dan berbagai alat berat diterjunkan ke lokasi.

Fajar Setio melanjutkan, sudah ada lebih dari 2.000 sandbag yang terpasang di tanggul darurat tersebut. Kemudian, untuk pengerukan embung sendiri pihaknya mengambil material dari Sungai Banjir Kanal Timur.

BACA JUGA:   Tegas! ASN di Kota Semarang Dilarang Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

“Yang terpasang sudah ada hampir 2000an lebih, kalau untuk menggeruk embung kita ambil material dari banjir kanal timur,” imbuh Fajar.

Di lain pihak, Kodinator Lapangan BBWS Pemali Juana, Farid mengatakan bahwa dalam sepekan ini proses pembangunan tanggul darurat berjalan lancar. Hanya cuaca yang menjadi kendala dalam proses pembangunan tersebut.

Ia mengaku menerjunkan 20 orang ke lapangan untuk mengejar target pembangunan tanggul di Sungai Pengkol tersebut. Setelah tanggul jadi pada minggu depan, diharapkan bisa mengantisipasi banjir di Perumahan Dinar Indah.

BACA JUGA:   Layani Pemudik, Call Center 112 Tidak Libur Selama Lebaran

“Selagi tidak diterjang air lagi proses pembangunan ini akan tetap aman, tapi memang kendala kita ada di cuaca. Satu minggu lagi diperkirakan selesai karena sudah 60 persen progresnya,” katanya saat ditemui di lokasi pembangunan tanggul darurat Sungai Pengkol

Share this Article
Leave a comment