Ad imageAd image

Program Indonesia Pintar 2024 Dibuka untuk 18,7 Juta Pelajar, Segini Besarannya

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 773 Views
2 Min Read
Murid menggenggam kartu Program Indonesia Pelajar. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 mencapai 18,6 juta pelajar. Besarannya sebesar Rp450 ribu per tahun untuk siswa SD, Rp 750 ribu per tahun untuk siswa SMP, dan Rp 1,8 juta per tahun untuk siswa SMA/SMK.

Mendikbudristek Nadiem Makarim, menyampaikan penerima dana PIP 2024 telah ditambah. Saat ini, jumlahnya 567.531 siswa SMA dan 99.104 siswa SMK.

Hal ini disampaikan Nadiem saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara penyerahan bantuan PIP Tahun 2024 di Gelanggang Olahraga Samapta, Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).

BACA JUGA:   Singgung Soal Reformasi, Jokowi Minta Bank Dunia Wujudkan Sistem Keuangan Global Lebih Adil

“Penambahan jumlah sasaran tersebut bersamaan dengan peningkatan satuan bantuan yang semula Rp 1.000.000 menjadi Rp 1.800.000 untuk pelajar SMA dan SMK,” kata Nadiem, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rabu (24/1/2024).

Nadiem menyebutkan, sebelumnya dana PIP telah disalurkan 100% kepada 18.109.119 siswa penerima pada 23 November 2023. Dana disalurkan melalui Pusat Layanan Pembiayaan (Puslapdik) Kemendikbudristek.

Nadiem menyatakan, upaya peningkatan kualitas pelaksanaan PIP diharapkan mendukung pemerataan hak dan kualitas pendidikan bagi tiap anak Indonesia.

BACA JUGA:   Gudang Bulog Menipis, Pemerintah Bakal Impor Beras 500 Ribu Ton

Pada kesempatan itu juga, Presiden Jokowi menyampaikan dana bantuan PIP diberikan untuk mencukupi kebutuhan pelajar dalam bersekolah. Katanya, siswa SMA dan SMK penerima PIP juga berkesempatan lanjut kuliah dengan bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Melalui bantuan PIP ini saya harap dapat membuat para pelajar menjadi lebih semangat untuk belajar dan berkeinginan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Jokowi.

“Selain PIP, para pelajar SMA dan SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi sangat terbuka untuk kembali mendapatkan bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah,” lanjut dia.

BACA JUGA:   Jokowi Resmi Ubah Nomenklatur Isa Almasih Jadi Yesus Kristus
Share this Article
Leave a comment