Ad imageAd image

Presiden Jokowi Direncanakan Hadiri Puncak Harganas ke-31 di Kota Semarang

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 3 Views
3 Min Read
Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memaparkan rapat koordinasi soal persiapan Harganas di Balai Kota Semarang, Minggu (23/6/2024). (Foto: Pemkot Semarang)

INDORAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan menghadiri puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang pada Sabtu (29/6/2024) mendatang.

Selain Jokowi, acara tersebut rencana akan dihadiri Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana serta wali kota atau bupati seluruh Indonesia.

“Rencananya Pak Jokowi, Pak Pj Gubernur Jateng, dan wali kota/bupati seluruh Indonesia akan hadir dalam acara Harganas ke-31,” ucap Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat rapat koordinasi persiapan Harganas di Balai Kota Semarang, Minggu (23/6/2024).

Mbak Ita, sapaan akrabnya mengatakan tema Harganas tahun ini adalah “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”. Yang mana tema ini membahas soal membangun konsep penanganan stunting.

Dia menyebut, jika salah satu alasan dipilihnya Kota Semarang menjadi tempat penyelenggara puncak perayaan Harganas ke-31, lantaran dinilai mampu menangani permasalahan stunting.

Untuk itu pihaknya akan mengajak seluruh elemen dan stakeholder terkait yang telah bekerja sama menangani stunting di Kota Semarang untuk terlibat dalam kegiatan ini.

“Kota Semarang mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan ini, karena salah satu alasannya karena mampu menurunkan angka stunting 10 persen, sehingga menjadi satu percontohan, sukses story terkait masalah stunting,” ujarnya.

Secara keseluruhan, tahapan-tahapan sudah berjalan lancar. Hanya saja, ia ingin acara ini bisa dikenal dan dikenang oleh seluruh warga terkait upaya atau penanganan stunting di Kota Semarang.

“Kemudian di sini minimal 10 ribu orang hadir dari seluruh Indonesia, sehingga harus disiapkan pelayanannya, seperti oleh-oleh, souvenir, agar lebih siap. Nah ini kita yang harus tangkap untuk promosi,” bebernya.

Kegiatan berlangsung selama sepekan mulai 23-29 Juni 2024 di beberapa wilayah di Kota Semarang.

Adapun, puncaknya akan berlangsung di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang pada 29 Juni 2024. Untuk memeriahkan acara itu, nanti juga akan digelar wisuda lansia, masak-masak dan gerakan kembali ke meja makan, serta khitanan masal, donor darah, hingga pelayanan KB di perusahaan yang terpusat di PT SAMI.

Menurut Mbak Ita, beberapa perlombaan yang diikuti oleh perwakilan setiap daerah, serta ada pula pameran Pembangunan Program Bangga Kencana. Program ini merupakan rebranding dari Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangka upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, melalui berbagai kelompok kegiatan di masyarakat.

Share This Article