Ad imageAd image

Prabowo Perdalam Kerja Sama Pertahanan dengan Australia

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 634 Views
3 Min Read
Prabowo Subianto dan Richard Marles. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Deputi Perdana Menteri (DPM) Australia yang sekaligus menjabat Menteri Pertahanan Australia Richard Marles di kediamannya, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Prabowo juga didampingi oleh Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Erwawan Taufanto, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen Bambang Trisnohadi, Dirjen Pothan Mayjen TNI M. Fajar, dan Kasatwas Unhan RI Mayjen TNI Rui Duarte. Serta, Athan RI di Canberra, Laksma TNI Anak Agung Oka Wirayudha.

Pertemuan keduanya diawali dengan sarapan pagi bersama sambil disuguhi kopi khas Hambalang. Mereka membahas hubungan bilateral kedua negara di bidang pertahanan.

“Australia telah berkontribusi positif dengan memperkuat kerja sama, interoperabilitas, dan koordinasi di antara layanan medis militer negara-negara ADMM-Plus selama keketuaan bersama Australia dengan Brunei Darussalam dalam ADMM-Plus EWG tentang Kedokteran Militer periode 2021-2024,” kata Prabowo dalam keterangannya, Sabtu (18/11/2023).

Kunjungan tersebut dilakukan pada Jumat (17/11). Saat ini, kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Australia telah diatur, seperti bidang industri pertahanan, pendidikan dan pelatihan, keamanan maritim, bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, pemeliharaan perdamaian, dan bidang lain yang menjadi kepentingan bersama.

Prabowo menyatakan Indonesia siap melanjutkan warisan bersama Australia dan Brunei menjelang penyerahan ADMM-Plus EWG tentang kedokteran militer kepada Indonesia dan Amerika Serikat sebagai co-chair baru untuk periode 2024-2027.

Atas keberhasilan Australia dan Brunei tersebut, Indonesia juga meminta dukungan Australia. Sebab, Indonesia dan Amerika Serikat akan menjadi ketua bersama dalam ADMM-Plus EWG tentang kedokteran militer untuk siklus berikutnya.

“Suatu kehormatan menjadi tuan rumah kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles di Hambalang, Bogor, hari ini. Pembahasan strategis mencakup pentingnya penguatan kemitraan pertahanan yang sedang berjalan antara kedua negara bertetangga,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Richard menyatakan komitmennya atas kemitraan strategis hubungan dengan Indonesia. Dia mengatakan kunjungannya sekaligus memperdalam kerja sama pertahanan.

“Pemerintahan Perdana Menteri Albanese sangat berkomitmen pada kemitraan erat kami dengan Indonesia. Saya bertemu kembali dengan rekan saya, Menteri Prabowo Subianto untuk memperdalam kerja sama pertahanan melalui kemitraan strategis komprehensif kami,” kata dia.

“Hubungan kami di seluruh kawasan ini sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran Australia dan Pemerintahan Perdana Menteri Albanese akan terus memprioritaskan kerja sama regional kami,” sambung Richard.

 

Share this Article