Ad imageAd image

Prabowo Hadiri forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 609 Views
3 Min Read
Prabowo Hadiri forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menghadiri pembukaan forum Shangri-La Dialogue 2024 yang digelar di Singapura, pada Jumat (31/5/2024).

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr memberikan keynote address dalam upacara pembukaan tersebut.

Di awal pidatonya, Presiden Filipina mengucapkan terima kasih kepada The International Institute for Strategic Studies (IISS) atas penyelenggaraan forum Shangri-La Dialogue.

“Hadirin sekalian, saya berterima kasih kepada International Institute for Strategic Studies atas penyelenggaraan percakapan yang terbuka, jujur, dan konstruktif tentang isu-isu strategis mendesak yang dihadapi wilayah kita,” kata Marcos Jr berdasarkan keterangan di situs Kementerian Pertahanan (Kemhan).

BACA JUGA:   Real Count KPU 75,26 Persen: Prabowo-Unggul 58,89 Persen

“Kami membayangkan dunia di mana ketenangan, perdamaian, dan harmoni berlaku, melambangkan impian berkelanjutan dari komunitas internasional yang menjunjung tinggi aturan hukum dan memungkinkan semua negara untuk berkembang dalam mengejar aspirasi mereka,” tambahnya.

Dia meminta semua negara terus mengupayakan stabilitas keamanan untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

“Di masa yang akan datang, kita harus mengupayakan stabilitas keamanan. Dan untuk tujuan mulia ini, kita harus bersatu mewujudkan dunia yang lebih baik,” kata Ferdinand di akhir pidatonya.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting lainnya, termasuk Netherlands Minister of Defence HE Kajsa Ollongren; Sweden Minister of Defence HE Pal Jonson; Australian Deputy Prime Minister/Minister of Defence Hon. Richard Marles; dan Minister of National Defence of Canada Hon. Bill Blair, PC. Com, MP.; dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, H.E. Mr. Lloyd J. Austin III.

BACA JUGA:   SBY Minta Agar Tak Ada Pihak Lukai Hati Rakyat yang Pilih Prabowo

Kehadiran para pejabat tinggi dari berbagai negara ini menunjukkan pentingnya forum ini sebagai wadah untuk berdiskusi dalam menghadapi tantangan keamanan global yang semakin kompleks.

Menhan Prabowo Subianto dijadwalkan akan menyampaikan special address dalam forum ini pada Sabtu (1/6) sore. Pidato beliau akan dimoderatori langsung oleh Executive Chairman IISS Sir John Chipman.

Dalam pidatonya, Menhan Prabowo diperkirakan akan menyoroti peran Indonesia dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara serta kontribusi Indonesia dalam upaya kolaboratif untuk menangani isu-isu keamanan global.

BACA JUGA:   Prabowo Dianugerahi Sebagai Tokoh Peneguh Kedaulatan

Kehadiran Menhan Prabowo Subianto dalam forum ini tidak hanya menunjukkan komitmen Indonesia terhadap kerja sama internasional di bidang keamanan, tetapi juga memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu negara yang aktif berkontribusi dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional dan global.

Share this Article