Ad imageAd image

Belum Komunikasi dengan Ahmad Luthfi dan Gus Yasin, PPP Fokus Jajaki Koalisi

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 2 Views
3 Min Read
Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Masruhan Samsurie. (Foto: istimewa)

INDORAYA – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengaku belum melakukan komunikasi dengan Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan kadernya, Taj Yasin Maimoen, soal peluang dan rencana duet di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsurie mengatakan, meskipun pihaknya mendukung pasangan Ahmad Luthfi dan Gus Yasin di Pilgub Jateng 2024, namun belum ada komunikasi serius dari partai dengan kedua figur tersebut.

“PPP belum melakukan pembahasan yang cair, apalagi kesimpulan, belum ada. Belum ada pembahsan detail terkait Pilkada, termasuk belum komunikasi serius dengan Gus Yasin, dengan Pak Luthfi, bahkan dengan calon-calon lain yang beredar,” ujar dia saat dihubungi, Kamis (4/7/2024).

Dia berkata, saat ini partainya masih fokus membangun komunikasi politik dan membuka peluang koalisi dengan partai-partai lain. Setelah itu baru membahas dan menentukan sosok yang akan dicalonkan berdasarkan kesepakatan koalisi partai.

“Belum ada keputusan (koalisi dengan siapa), semuanya kita dekatin, semuanya kita silaturahmi, mulai dari PDI yang terbesar, sampai yang kecil seperti PPP kan ada PAN, Nasdem, kita semua komunikasi,” ungkap Masruhan.

Di samping itu, sebelum menentukan kerja sama politik dengan partai lain serta figur yang akan diusung, PPP Jateng akan terlebih dahulu menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) bersama 35 DPC kabupaten/kota.

“Jadi nanti kami lakukan, kalau sudah semakin jelas maka kami akan melakukan Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) dengan mengundang seluruh pengurus PPP di kabupaten/kota di Jawa Tengah, kita undang semua,” ujar dia.

“Kemudian kita sampaikan bahwa inilah hasil silaturahmi dan kerja politik DPW PPP Jateng, dalam Pilgub koalisinya sama ini dan ini, figur yang kita usung ini, ini, dan ini,” imbuh Masruhan.

Namun katanya, Gus Yasin yang merupakan kader terbaik PPP sekaligus mantan gubernur Jateng, menjadi prioritas untuk diusung pada kontestasi Pilgub Jateng. Rencananya Gus Yasin akan diduetkan dengan Kapolda Ahmad Luthfi.

Dia melanjutkan, PPP Jateng memiliki basis kekuatan di wilayah Pantura Jateng, terutama Jepara dan Rembang. Selain itu juga di sejumlah wilayah dengan basis santri yang kuat seperti Pekalongan, Kendal, Demak, dan Kabupaten Semarang.

Masruhan bilang, di sejumlah wilayah tersebut PPP Jateng akan berjuang keras dan maksimal untuk memenangkan calon yang akan diusung pada Pilkada bulan November 2024 mendatang.

“Pilkada sebelumnya yang menang ada dua, Jepara dan Rembang. Kemudian basis-basis kaum santri misalnya Pekalongan, Kendal, Demak, kami juga punya Kabupaten Semarang, kami punya pimpinan dewan di situ, kami masuk 5 besar partai di masing-masiing daerah itu,” tandasnya.

Share This Article