Ad imageAd image

Posko Mudik Lebaran di Bukit Gombel Semarang Dibuka, Manjakan Pemudik yang Kelelahan

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 625 Views
2 Min Read
Posko Mudik Lebaran 2024 di Bukit Gombel, Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, sudah dibuka untuk melayani para pemudik. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang membuka Posko Terpadu Mudik Lebaran 2024 di Bukit Gombel, Jalan Setia Budi, Kelurahan Ngesprep, Kecamatan Banyumanik, mulai Rabu (3/4/2024).

Kepala BPBD Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, posko ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang akan memanjakan masyarakat yang kecapekan di sela-sela perjalanan mudik lebaran.

Fasilitas tersebut meliputi toilet portabale, mobil ambulance dan tenaga medis, serta tempat untuk beribadah yang sedia selama 24 jam.

“Tidak kalah ketinggalan ada dapur umum kita stay 24 jam, ada snack, kopi, panas, makanan seadanya sederhana, yang terpenting tersaji 24 jam. Dan pijat elektrik juga ada,” ujarnya saat ditemui di Bukit Gombel Semarang.

BACA JUGA:   Mudik Naik Kereta Api, KAI Daop 4 Ingatkan Kembali Aturan Bagasi Maksimum 20 Kg

Selain itu, posko mudik lebaran di Bukit Gombel ini juga menawarkan pemandangan alam dan angin yang sejuk karena lokasinya di atas bukit. Masyarakat bisa melihat Kota Semarang dari bukit tersebut.

Endro berkata, ada sejumlah tenda yang dibangun di posko mudik tersebut. Di dalamnya terdapat kasur yang totalnya mencapai 30 unit.

“Kalau di dalam tenda full bad-nya kurang lebih 30 ya, tapi kan gak semua orang masuk tidur, pasti ada yang makan dan istirahat. Kalau kantong parkir roda 2 kurang lebih 100,” ucap Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang tersebut.

BACA JUGA:   Bantu Cetak Generasi Unggul, Lazis Jateng Luncurkan Pendampingan Belajar Ihsan Utama

Alasan mendirikan posko mudik di Bukit Gombel karena berada di titik rawan kecelakaan. Selain itu posko ini juga berada di jalur yang menghubungkan Kota Semarang menuju wilayah Solo Raya.

Pihaknya juga sudah menyiapkan para relawan kemanusiaan yang siap membantu melayani para pemudik. Menurutnya, BPBD tidak hanya bergerak di bidang penanggulangan bencana, melainkan juga di bidang sosial-kemanusiaan.

“Kita melihat perkembangan BPBD misi utamanya bergerak di bidang kemanusiaan, saya melihat bukan hanya masalah bencana, tapi kemanusiaan ada fungsi sosial,” kata Endro.

BACA JUGA:   Padma Hotel Semarang Gelar Wedding Expo, Sajikan Berbagai Vendor dan Desain Ballroom Super Megah
Share this Article
Leave a comment