Ad imageAd image

Polres-Pemkab Pemalang Lakukan Pemeriksaan Kelaikan Bus

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 890 Views
2 Min Read
Ilustrasi bus telolet (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kepolisian Resor Pemalang,bersama pemerintah daerah Pemalang, Jawa Tengah (Jateng) mengintensifkan pemeriksaan kondisi fisik angkutan umum, khusus bus serta kelengkapan administrasi kendaraan (ramp check) untuk mencegah kasus kecelakaan di jalan raya.

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan bahwa pemeriksaan kondisi kelayakan bus dilakukan bersama tim penguji Dinas Perhubungan, Organda, PT Jasa Raharja.

“Ramp check dilakukan untuk mengecek dan memeriksa secara langsung persyaratan teknis serta kelengkapan surat-surat kendaraan,” katanya.

Dikatakan, ada 6 unit bus milik salah satu perusahaan bus pariwisata yang berkantor di Kabupaten Pemalang, pada Sabtu (18/5/2024).

BACA JUGA:   3 Pejabat Pemkab Pemalang Ditahan KPK Terkait Kasus Suap

Pemeriksaan, kata dia, dilakukan secara menyeluruh pada komponen kelaikan bus, seperti fungsi rem, lampu, klakson hingga roda ban, serta pemeriksaan surat kendaraan seperti buku uji, surat tanda nomor kendaraan, dan surat izin mengemudi.

“Ramp check bus akan dilakukan secara rutin dan dilanjutkan ke seluruh PO bus yang memiliki kantor perwakilan atau agen di daerah ini,” katanya.

Ia yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas AKBP Budi Prayitno mengatakan kegiatan pemeriksaan kelaikan angkutan umum dilakukan untuk memastikan apakah kondisi fisik bus telah memenuhi syarat layak jalan dan kelengkapan administrasi kendaraan.

BACA JUGA:   Negara Maju Bercirikan Makin Tumbuhnya SMK dan Sekolah Vokasi

“Kegiatan ini untuk mencegah fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas serta menjaga keselamatan penumpang bus agar dapat menggunakan layanan bus dengan kondisi kendaraan yang layak jalan,” katanya.

Ia mengimbau penumpang bus untuk berani menegur awak bus yang berkendara ugal-ugalan hingga bisa membahayakan pada orang-orang yang diangkut maupun kendaraan bermotor lainnya.

“Kami mengimbau sopir bus bisa tertib berlalu lintas di jalan raya dan penumpang juga berani mengingatkan pengemudi bus yang berkendara ugal-ugalan atau membahayakan,” katanya.

Selain melaksanakan kegiatan ramp check, tim Dokter Kesehatan Polres Pemalang juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh awak dan kru bus.

BACA JUGA:   Senator Bambang Sutrisno Minta Penguatan Jiwa Nasionalisme Ditengah Globalisasi
Share this Article