Ad imageAd image

Polisi Minta Pemudik Tak Ngebut Saat One Way Tol Kalikangkung Diberlakukan

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 725 Views
2 Min Read
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Implementasi sistem rekayasa lalu lintas satu arah atau one way telah dimulai dari Km 72 Tol Cipali hingga Km 414 Tol Kalikangkung. Irjen Aan Suhanan, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, mengingatkan masyarakat untuk tidak melaju terlalu cepat dan tetap mematuhi batas kecepatan.

Aan Suhanan menekankan kepada para pemudik yang mengikuti sistem one way untuk tidak terlalu bersemangat, menjaga kecepatan dengan baik, sehingga perjalanan lancar hingga ke Semarang dan Surabaya. Menurutnya, tidak ada hambatan yang terlihat dari pantauan CCTV dan aplikasi jasa marga. Oleh karena itu, dia menyarankan untuk tetap tenang, tidak berlebihan, tidak perlu terburu-buru, mengikuti petunjuk petugas, serta rambu-rambu agar bisa sampai tujuan dengan selamat.

BACA JUGA:   Arus Mudik Lebaran 2023,¬†Berikut Jadwal dan Titik Lokasi One Way Jalan Tol

Irjen Aan berharap agar masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan dalam perjalanan mudik, sehingga para pemudik dapat merayakan lebaran dengan nyaman di kampung halaman.

“Kami berharap melalui edukasi yang telah kami berikan sejak jauh-jauh hari, kesadaran masyarakat akan terbangun untuk patuh pada peraturan, karena ini penting untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Kami ingin perjalanan pulang pergi ini menjadi momen silaturahmi yang menyenangkan ke kampung halaman. Jadi, kami berharap tidak perlu melakukan penindakan, lebih baik dilakukan atas kesadaran masing-masing demi kebersamaan dan toleransi di jalan selama mudik dan balik ini,” ujar dia.

BACA JUGA:   Malam Tahun Baru di Semarang, Rekayasa Lalu Lintas Bakal Diberlakukan di 4 Titik Ini

Penerapan skema one way di Km 72 Cikopo-Palimanan (Cipali) ini resmi dimulai pada pukul 21.45 WIB. Irjen Aan Suhanan sendiri yang membuka penerapan sistem one way tersebut.

Sebelum dilakukan sistem one way, terlihat sejumlah petugas kepolisian menghentikan kendaraan untuk berbicara dengan para pemudik dan memberikan pesan-pesan hati-hati.

“Jam 21.45 WIB, arus lalu lintas mengalami peningkatan signifikan sehingga kami memutuskan untuk menerapkan one way. Para pemudik, harap berhati-hati di jalan, hindari kecepatan berlebihan, dan jika merasa lelah, silakan beristirahat. Dengan nama Allah, one way pertama arus mudik dari km 72 sampai km 414 resmi kami lakukan,” kata Aan.

BACA JUGA:   Arus Mudik Lebaran 2023,¬†Berikut Jadwal dan Titik Lokasi One Way Jalan Tol

Polisi telah membersihkan jalur di sepanjang Tol Cipali menuju Tol Kalikangkung sejak pukul 19.30 WIB.

Share this Article
Leave a comment