Ad imageAd image

Polisi Gelar Ramp Check untuk Tekan Angka Kecelakaan Jalur Temanggung-Wonosobo

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 946 Views
2 Min Read
Ilustrasi polisi lakukan ramp check (Istimewa)

INDORAYA – Untuk menekan angka kecelakaan yang seringkali terjadi di jalur Temanggung-Wonosobo, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo menggelar kegiatan Ramp Check di rest area Sinsu Reco, Jumat, (17/03/2023).

Kasatlantas, AKP Ragil Irawan mengatakan kegiatan rump check meliputi pengecekan kondisi kendaraan angkutan barang maupun angkutan orang.

“Kondisi jalur turunan ekstrim dan panjang menjadi salah satu penyebab seringnya terjadi kecelakan di jalur ini, hal tersebut tentu harus disikapi dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum melewati jalur ini,” ungkap AKP Ragil dalam keterangannya.

Selain itu, Kasatlantas dan anggotanya juga melakukan penindakan terhadap pengemudi yang tidak dapat menunjukan surat-surat dan kelengkapan kendaraan.

“Total ada 127 kendaraan yang kita periksa hari ini, selain diperiksa kelayakan kendaraan kami juga menindak 20 pengemudi yang tidak bisa menunjukan surat-surat dan kelengkapan berkendara,” lanjutnya.

Kasatlantas juga menghimbu kepada seluruh pengemudi baik bus angkutan maupun truk angkutan barang yang akan melewati turunan tajam jalur Temanggung-Wonosobo agar selalu mengecek kondisi kendaraan baik rem maupun kondisi mesin.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengemudi utamanya angkutan barang yang akan melewati jalur turunan tajam Reco untuk memanfaatkan rest area Sinsu untuk mendinginkan mesin, pindah ke gigi rendah saat mulai turunan dan jangan menginjak rem terus menerus,” tegas Ragil.

Pihaknya berharap dengan adanya pengecekan dan himbauan yang dilaksanakan secara masif oleh Polres Wonosobo bisa mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalur Reco.

Share this Article
Leave a comment