Ad imageAd image

Polda DIY Siapkan 6 Jalur Alternatif Untuk Urai Kepadatan Kendaraan di Jalur Utama

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 99 Views
3 Min Read
ilustrasi mudik lebaran (dok. istimewa)
INDORAYA – Saat lebaran nanti, wilayah DIY diprediksi akan didatangi sebanyak tiga juga orang dari berbagai daerah. Baik yang memiliki tujuan untuk mudik maupun berwisata.
Maka, pihak Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengurai kepadatan lalu lintas di jalur utama dengan menyiapkan jalur alternatif.

“Posisi DIY diprediksi pemerintah akan kedatangan 3,9 juta orang yang akan masuk ke DIY. Puncak arus mudik antara tanggal 28 April hingga 30 April,” kata Dirlantas Polda DIY Kombes Iwan Saktiadi, Senin (26/4/2022).

Iwan menjelaskan ada empat jalur utama keluar masuk DIY. Pertama di jalur utara yang meliputi Magelang-Tempel-Sleman-hingga tembus Ring Road Utara. Kedua, jalur timur yang masuk mulai dari Prambanan hingga menuju Kota Yogya.

BACA JUGA:   414 Mahasiswa di Bandung Positif HIV, Ketahui Gejalanya

Ketiga, jalur barat melalui Temon-Wates-Gamping-Sleman-Ring Road Utara. Keempat, jalur selatan yang melalui Wonosari hingga ke Kota Yogya.

“Hingga saat ini belum ada peningkatan signifikan kendaraan keluar masuk Yogyakarta,” ucapnya.

Berikut daftar 6 jalur alternatif ke Jogja:

1. Jalur alternatif dari Kulon Progo-Yogyakarta:

Melewati Sentolo menuju Nanggulan ambil arah Moyudan kemudian ke Minggir hingga Tempel dan bisa menuju Kota Yogyakarta.

“Di sini jalur panjang dan sempit dengan kerawanan kurangnya penerangan jalan, jalur padat pemukiman,” terangnya.

2. Jalur alternatif dari Kulon Progo-Magelang:

BACA JUGA:   Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pertanian, Wakil Ketua DPRD, Heri Pudyatmoko: Fokus Pemberdayaan yang Inovatif dan Solutif

Melewati Klangon ke Naggulan menuju Ngeplang Kalibawang, kemudian ke arah Muntilan dan lanjut menuju Magelang. Di jalur ini pengguna jalan diharapkan berhati-hati karena masih kurang penerangan dan jalan sempit.

3. Jalur alternatif dari Wates-Bantul-Yogyakarta:

Melewati Toyan Wates menuju Panjatan kemudian menuju Brosot, ke Srandakan, kemudian Pandak hingga sampai Jalan Parangtritis lanjut ke Ring Road dan kemudian masuk Kota Yogyakarta.

4. Jalur alternatif dari Yogya-Bantul-Wonosari:

Melewati Kota Yogyakarta menuju Pleret, kemudian ke Imogiri menuju Panggang kemudian ke arah Playen dan terakhir Wonosari.

5. Jalur alternatif dari Sedayu-Piyungan-Klaten:

Pengguna jalan dari Sedayu menuju Pajangan, lanjut ke Pandak, Bantul, Ring Road Selatan menuju Piyungan dan mengambil arah ke Prambanan.

BACA JUGA:   Banjir Bandang di Kulon Progo Membuat Warga Harus Mengungsi

6. Jalur alternatif dari Magelang-Solo atau sebaliknya:

Pengguna jalan bisa melewati Tempel, menuju Turi hingga sampai Pakem, Ngemplak, Kalasan, lanjut ke Prambanan dan meneruskan perjalanan ke arah Klaten. “Saya pastikan semua jalan dalam kondisi baik untuk dilalui,” tegasnya.(FZ)

Share this Article