Ad imageAd image

PKB Ungkap 2 Kriteria Cawagub Pendamping Gus Yusuf di Pilkada Jateng 2024

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 2 Views
2 Min Read
Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah, Sukirman. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah (Jateng), K.H. Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf diajukan partainya menjadi calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Sekretaris DPW PKB Jateng, Sukirman mengatakan, saat ini partainya tengah fokus melakukan komunikasi politik dan penjajakan koalisi dengan sejumlah partai lain. Termasuk mencari calon wakil yang diusung untuk mendampingi Gus Yusuf.

Sukirman mengungkapkan, ada dua kriteria cawagub pendamping Gus Yusuf di Pilkada Jateng 2024 yang akan diprioritaskan PKB. Pertama, punya pengalaman di birokrasi atau pemerintahan.

“Yang jelas wakil Gus Yusuf itu ada dua gambaran yang dijadikan wakil. Pertama tentu saja punya pengalaman di jajaran birokrasi pemerintahan,” katanya usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung Berlian DPRD Jateng, Senin (8/7/2024).

Adapun kriteria kedua ialah memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi untuk mendongkrak suara elektoral.

“Kedua adalah yang mampu saling menopang dari sisi elektoral begitu jadi saling back up,” ungkap Wakil Ketua DPRD Jateng tersebut.

Sukirman bilang, siapapun yang nanti akan menjadi calon wakil gubernur pendamping Gus Yusuf di Pilkada Jateng diharapkan bisa saling melengkapi kekurangan.

“Kekurangan Gus yusuf di mana, (misal) elektoralnya, dia (cawagub) yang back up, kemudian dia (cawagub) kekurangan di mana, Gus yusuf saling melengkapi,” beber dia.

Dia berkata, PKB sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai terkait peluang kerja sama politik di Pilkada Jateng 2024. Namun partai yang kemungkinan besar merapat ialah Demokrat, PPP, dan PKS.

“Sebenarnya semua partai penjajakan ya, mulai Gerindra, PDI, Golkar, tapi yang mulai mengerucut di antaranya adalah Demokrat kemudian PPP dan PKS,” tandas Sukirman.

Share This Article