Ad imageAd image

Pertemuan Presiden Jokowi Dengan Tiga Bakal Calon Presiden Jadi Sinyal Khusus

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 97 Views
5 Min Read
Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Jawa Tengah (dok. Instagram Ganjar)
INDORAYA – Selama bulan April 2022, Presiden Joko Widodo terlihat mesra dengan tiga orang yang digadang-gadang bakal menjadi penerusnya nanti di Pilpres 2024. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, hingga Prabowo Subianto.

Founder Cyrus Network Hasan Nasbi, mengatakan hubungan baik yang dibangun bersama ketiga orang tersebut untuk menjamin pekerjaan mereka bisa berjalan dengan baik.

“Menurut saya, itu kepentingan kedua belah pihak bertemu. Para bacapres yang masih jadi pejabat tentu butuh dukungan presiden agar pekerjaan-pekerjaan mereka bisa terlaksana dengan baik. Begitu pun sebaliknya, Pak Jokowi juga ingin memastikan hubungan baik dengan para bacapres demi keberlanjutan pembangunan,” katanya, Selasa (26/4/2022).

Dari pertemuan dengan Ganjar-Anies-Prabowo dalam waktu berbeda-beda itu, Jokowi dinilai memberi pesan kepada masyarakat. Jokowi, kata Hasan, memberi kode bahwa dia melindungi bakal capres tanpa terkecuali.

“Kalau dalam hati kita nggak tahu ya. Tapi kalau dari pesan dan bahasa tubuh yang ditampilkan ke publik, beliau ingin mengayomi semua bacapres,” ujarnya.

Paling baru diketahui Jokowi bersama Anies meninjau Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara. Hasan meyakini pertemuan khusus Jokowi dengan Anies kerap terjadi dan pertemuan tersebut tak terangkat ke publik.

BACA JUGA:   Lima Cara Untuk Mengisi Kemerdekaan, Kamu Bisa Lakukan Ini

“Ya kan beliau mau menunjukkan jadi presiden untuk semua. Mas Anies sebagai gubernur kan tetap subordinatnya presiden. Mas Anies kalau mau bikin event internasional ya mau nggak mau ngadep Presiden Jokowi. Presiden Jokowi juga harus mendukung, tidak mungkin menolak,” ucap Hasan.

“Saya yakin di luar yang terpublikasi di media, pertemuan empat mata antara Gubernur DKI dengan presiden itu sangat sering terjadi. Jadi sebenarnya itu lumrah dan lazim sekali antara presiden dan gubernur ibu kota,” sambungnya.

Presiden Jokowi diketahui sempat bertemu masing-masing tokoh dengan elektabilitas tertinggi itu di waktu yang berbeda. Jokowi sempat bertemu dengan Ganjar saat kunjungan kerja di Jawa Tengah. Kemudian Jokowi juga bersama-sama melakukan kunjungan kerja dengan Prabowo di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

13 April: Jokowi Semobil dengan Ganjar

Pertemuan dengan Ganjar ini terjadi saat Jokowi melakukan kunjungan kerja di wilayah Jawa Tengah. Ada momen menarik saat pertemuan ini lantaran Jokowi sempat semobil dengan Ganjar.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi Minta Rp 3.000 Triliun Untuk Anggaran Tahun Depan

Ganjar sempat mengungkap apa yang keduanya bicarakan selama di mobil. Menurutnya, Jokowi membicarakan persoalan minyak goreng hingga persiapan Lebaran.

“Concern beliau pada isu minyak goreng ini ternyata tinggi. Kami tadi berbincang cukup lama saat mendampingi beliau dan tentu dua hal yang dikontrol suplai dan harga, termasuk bantuan kepada masyarakat,” kata Ganjar seperti dilansir Antara, Kamis (14/4).

20 April: Jokowi Prabowo Kompak Berblangkon Merah di Madura

Menjelang beberapa hari kemudian, tepatnya pada 20 April 2022, Jokowi juga melakukan kunjungan kerja dengan Prabowo. Terekam momen menarik keduanya saat kompak memakai blangkon khas Madura bernama ‘Udeng’.

Dalam kesempatan ini, sebetulnya Jokowi sedang didampingi Prabowo dan para menteri lainnya untuk meresmikan Bandara Sumenep di Madura. Meski begitu, momen menarik sempat terjadi antara Jokowi dan Prabowo lantaran keduanya ternyata membeli bersamaan blangkon tersebut.

Tak hanya itu, saat proses membeli tersebut, Jokowi juga sempat bertanya kepada masyarakat terkait sosok Prabowo. Dia bertanya apakah masyarakat mengenal Prabowo.

“Ini kalau gini modal berapa sih? Modal berapa ini?” tanya Jokowi.

BACA JUGA:   Pendapat Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Terkait Capres 2024

“600,” kata Jokowi mengulang omongan pedagang.

“Kalau dikasih 1, 2 udah…,” sambung Jokowi sambil berbincang dengan Prabowo.

“Kenal siapa beliau?” tanya Jokowi sambil menunjuk ke arah Prabowo.

“Pak Prabowo,” teriak warga. Prabowo, yang mendengar teriakan tersebut, langsung melambaikan tangan.

25 April: Jokowi Disopiri Anies Saat Cek Sirkuit Formula E

Presiden Jokowi juga sempat bertemu dengan Anies. Momen tersebut terjadi saat Jokowi tengah meninjau sirkuit Formula E.

Menariknya, saat kunjungan tersebut, Anies menyopiri Jokowi. Jokowi dan Anies pun mengecek langsung sirkuit Formula E yang sudah selesai diaspal.

Jokowi mengaku memang hendak melihat progres pembangunan Sirkuit Formula E. Dia menyebut sirkuit tersebut sudah siap digunakan.

“Ya saya ingin melihat persiapan formula E seperti apa dan di lapangan seperti kita lihat, saya kira untuk trek balapannya sudah siap,” kata Jokowi, Senin (25/4/2022).

“Kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddock dan untuk grand stand-nya, masih ada waktu habis Lebaran. Dan ya kita harapkan di awal Juni, kita bisa melihat balapannya,” ujar Jokowi.(FZ)

Share this Article