Ad imageAd image

Pertama Kali Pemilihan Denok Kenang Digelar di Taman Indonesia Kaya Semarang, 30 Nama Finalis Siap Bersaing 

Dickri Tifani
By Dickri Tifani 691 Views
3 Min Read
Dokumentasi Denok Kenang Kota Semarang tahun 2022. (Foto: Pemkot Semarang)

INDORAYA – Sebanyak 30 Denok Kenang Kota Semarang Tahun 2023 kini telah memasuki babak final yang akan digelar di Taman Indonesia Kaya dengan konsep outdoor.

Pemilihan Denok Kenang kali ini akan diselenggarakan pada Senin (15/5/2023) mendatang. Dengan mengusung tema “Melalui Generasi Muda, Pariwisata Semakin Tangguh”.

Sebagai penjelas, Denok Kenang sendiri merupakan gelar untuk pasangan yang menjadi duta wisata Kota Semarang. Denok merupakan panggilan untuk anak perempuan dalam bahasa Jawa Semarangan. Sedangkan kenang merupakan sebutan untuk anak laki-laki.

Kepala Disbudpar Kota Semarang, R Wing Wiyarso Poespojoedho, mengharapkan pemilihan Denok Kenang Semarang yang notabene merupakan generasi muda, akan mampu  membangkitkan kembali sektor pariwisata di Kota Semarang pasca pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Pedagang Sapi Nekat Bobol Rumah Rekannya, Ngakunya Terlilit Utang Rp 500 Juta

Dikatakannya, grand final Denok Kenang tahun ini merupakan pertama kalinya digelar secara outdoor sejak 2010. Hal itu tentunya bisa menjadikan sajian event bagi para wisatawan untuk menikmati Kota Semarang.

Semua even pariwisata termasuk Denok Kenang, menurut Wing tujuannya agar mendongkrak  pariwisata di Kota Semarang.

Di samping itu, pihaknya pula menyiapkan sejumlah kalender event pariwisata, yang  melibatkan peran komunitas dan juga generasi muda melalui event pemilihan Denok Kenang tahun ini

“Pemilihan Taman Indonesia Kaya sebagai venue penyelenggaraan grand final pemilihan Denok Kenang 2023 merupakan upaya Pemerintah Kota Semarang untuk memberikan hiburan dan event pariwisata yang terbuka untuk masyarakat, “ujar Wing, Senin (8/5/2023).

BACA JUGA:   Bapenda Kota Semarang Catat Piutang Pendapatan Sentuh Rp 600 Miliar, Ini Sumbernya

Sebelumnya, pihaknya  telah membuka pendaftaran Denok Kenang 2023 yang dimulai tanggal 25 Januari sampai dengan 4 Mei 2023.

Dari ratusan peserta yang mendaftar, Wing menyatakan ada  30 finalis yang tepilih terdiri dari 15 finalis denok dan 15 finalis kenang.

Adanya hal ini, Disbudpar pun mendorong keberadaan komunitas wisata di Semarang melalui pemilihan putra-putri pariwisata Denok Kenang Semarang 2023.

Selain itu, imbuh Wing, gelaran  grand final Denok Kenang 2023 ini melengkapi sejumlah event kesenian dan budaya di Kota Semarang sepanjang bulan Mei 2023. Karena, event ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan HUT Kota Semarang yang ke-476.

BACA JUGA:   Pekerja Bangunan Tewas Tertimpa Longsor di Ngaliyan Semarang, Pemkot Sebut Murni Kecelakaan Kerja

Tidak hanya Denok Kenang saja, dia bilang sepanjang  bulan Mei ini, dinasnya  telah menyelenggarakan beragam event. Yaitu mulai dari  Pawai Ogoh-Ogoh, Sesaji Rewanda, Perayaan HUT ke- 476, Parade Semarak 476 ‘Sarungku Gayaku’ di Kota Lama.

Share this Article
Leave a comment