Ad imageAd image

Percepatan Proyek Strategis Nasional, Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Selesai di 2024

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 710 Views
2 Min Read
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, memiliki target agar sebanyak 41 proyek strategis nasional (PSN) dapat diselesaikan pada tahun 2024.

Airlangga mengungkapkan hal tersebut setelah rapat internal mengenai PSN bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa menteri lainnya seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Setelah rapat internal mengenai percepatan proyek strategis nasional. Sejak 2016 hingga Februari 2024, total sudah selesai 195 proyek dan beroperasi dengan total nilai Rp 1.519 triliun,” ungkap Airlangga di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (18/3/2024).

BACA JUGA:   Isi Pokok-pokok Perppu Cipta Kerja

Ada 77 proyek yang sedang dalam tahap konstruksi, dan 13 proyek yang masih dalam tahap konstruksi dengan total nilai mencapai Rp 2.960,7 triliun.

Airlangga menjelaskan bahwa dari 41 PSN yang ditargetkan selesai pada 2024, lima PSN telah selesai pada periode Januari-Maret, 24 PSN diharapkan akan selesai dari April hingga September 2024, dan 12 PSN diperkirakan akan selesai pada Oktober hingga Desember 2024.

“Dari 36 proyek strategis nasional yang ditargetkan selesai April-Desember, terdapat berbagai isu yang dilaporkan terutama terkait dengan pengadaan lahan dan tata ruang. Tadi sudah dibahas hingga akhir 2024 dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder,” papar Airlangga.

BACA JUGA:   Jokowi Terbitkan Perppu Cipta Kerja

Selain PSN yang dibiayai oleh APBN, Airlangga juga menyebut ada 14 PSN yang pendanaannya berasal dari sektor swasta.

“Tadi dilaporkan juga kepada Bapak Presiden, ada 14 PSN baru yang pembiayaannya murni dari swasta. Ini untuk menciptakan lapangan kerja dan tidak membutuhkan APBN dan ini disetujui oleh Presiden,” pungkas Airlangga.

Share this Article
Leave a comment