Ad imageAd image

Perbedaan Demam Biasa dan Demam Karena Tipes

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 102 Views
2 Min Read
ilustrasi demam (dok. pixabay)

INDORAYA – Gejala tipes disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini biasanya menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi, kemudian masuk ke dalam saluran pencernaan.

Gejala tipes umumnya bisa muncul 10 hari sampai dua minggu setelah bakteri penyebab tipes masuk ke dalam tubuh. Lantas, seperti apa gejala tipes yang harus kita waspadai? Simak informasi berikut.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022), berikut gejala tipes.

1. Demam

Gejala tipes pada anak maupun orang dewasa umumnya sama-sama mengalami fase demam. Biasanya kondisi ini menunjukkan gejala tipes ringan.

BACA JUGA:   Gagal ke Final Usai Dilibas Arema, PSIS Semarang Fokus Menatap Liga 1

Adapun demam gejala tipes mencapai 39,4 atau 40 derajat celcius. Selain itu, juga disertai dengan sakit kepala, lemas, hingga menggigil.

2. Nafsu makan berkurang

Apabila seseorang mengalami nafsu makan yang buruk atau berkurang, bisa jadi mengalami gejala tipes. Usahakan untuk mengkonsumsi jus buah, perbanyak air putih, serta buah-buahan seperti pisang dan jeruk.

3. Batuk kering

Tidak hanya COVID-19 Omicron, gejala tipes juga memicu gejala batuk kering lho. Salah satu cara untuk membedakan keduanya adalah dengan melakukan tes COVID-19.

BACA JUGA:   Pemkab Brebes Sudah Tak Bisa Menanggung Iuran BPJS Warga Miskin, Pasien Diminta Gunakan SKTM

Jangan disepelekan dan harus tetap jaga kondisi tubuh dengan mengkonsumsi air putih, untuk menghindari dehidrasi.

4. Diare

Gejala tipes juga berdampak pada saluran pencernaan, bisa diare atau konstipasi (sembelit). Juga, perut bisa terasa penuh dan kembung.

Apabila merasakan gejala ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Pasalnya, jika gejala tipes terlalu sering kambuh bisa menyebabkan kondisi serius, seperti pendarahan usus.

5. Mual muntah

Salah satu gejala tipes ringan dan umum terjadi jika saluran pencernaan terganggu adalah mual muntah. Biasanya, orang yang mengalami gejala ini akan merasa lemas dan hanya ingin berbaring.

BACA JUGA:   Membahayakan Pemudik, Ada Reklame Jumbo di Pantura Batang Hampir Ambruk

6. Lidah

Gejala tipes juga bisa dilihat dari warna lidah seseorang. Biasanya lidah bagian tengah akan berwarna putih, sedangkan pinggirannya merah. Selain itu, saat pasien menjulurkan lidah akan gemetar (tremor).

7. Ruam merah

Ruam merah juga bisa muncul menandakan gejala tipes. Tampak luarnya hampir serupa, tapi untuk memastikannya harus diperiksakan ke dokter terkait.(FZ)

TAGGED: , ,
Share this Article