Ad imageAd image

Perairan Selatan Jateng-DIY Waspadai Gelombang Tinggi 4 Meter, Ini Penjelasan BMKG

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 837 Views
1 Min Read
Ilustrasi gelombang tinggi. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tunggul Wulung Cilacap, menyampaikan Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah dan DIY berpotensi gelombang tinggi hingga 4 meter.

Melansir dari tribunjateng, BMKG Cilacap memperkirakan wilayah samudera hindia selatan Jawa Tengah, Jawa DIY akan dilanda gelombang tinggi yakni sejak Rabu (03/05/2023) mulai pukul 07.00 WIB hingga Kamis (04/05/2023) pukul 07.00 WIB.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Adnan Deny Mardika menyebut, daerah-daerah yang diperkirakan terjadi gelombang tinggi yang berkisar antara 2,5 – 4 meter seperti di samudera hindia selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo.

BACA JUGA:   BMKG: Waspada! Gelombang Tinggi Laut hingga 4 Meter Ancam Perairan Indonesia

“Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di samudera hindia selatan Yogyakarta,” ungkapnya Rabu (03/05/2023).

Ia mengatakan, penyebab terjadinya gelombang tinggi yakni karena adanya angin yang cukup kencang. Kata dia, saat ini pola angin di Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan angin 5 – 20 knot.

“Dengan adanya peringatan potensi gelombang tinggi tersebut, maka BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbau Adnan.

BACA JUGA:   BMKG Rilis Daftar Daerah Alami Hujan Tinggi Berpotensi Banjir
Share this Article