Ad imageAd image

Penelitian: 87 Juta Kata Sandi Bisa Dibobol Hacker dalam Satu Menit

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 5 Views
2 Min Read
ilustrasi hacker (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Hasil penelitian menunjukkan 87 juta kata sandi atau password tak cukup kuat dan bisa ditebak hacker hanya dalam waktu satu menit.

Penelitian tersebut dilakukan perusahaan keamanan siber asal Rusia, Kaspersky. Dalam penelitiannya, Kapersky menganalisis 193 juta kata sandi, dengan 87 juta atau 45 persen dari kata sandi yang dianalisis rentan.

“Berdasarkan hasil penelitian, 45 persen dari seluruh kata sandi yang dianalisis (87 juta) dapat ditebak oleh penipu dalam satu menit,” kata Head of Digital Footprint Intelligence Kaspersky, Yuliya Novikova dalam keterangannya, Kamis (20/6/2024).

Hanya sekitar 44 juta atau 23 persen kata sandi yang memiliki kombinasi kuat dan memerlukan waktu lebih dari setahun bagi penipu untuk memecahkannya.

Sementara 27 juta memerlukan waktu satu menit hingga satu jam, 15 juta dari satu jam hingga sehari. Kemudian 12 juta memerlukan waktu sehari hingga satu bulan.

“Delapan juta kata sandi – dari 1 bulan hingga 1 tahun,” ucapnya.

Kemudian, penelitian itu juga menemukan sebagian besar kata sandi yang diperiksa itu berisi kata dari kamus yang juga mengurangi kekuatan kata sandi. Beberapa yang paling sering digunakan ialah nama dan perkataan populer.

Lalu ada juga penggunaan kata sandi standar seperti, ‘password’, ‘qwerty12345’, hingga ‘admin’.

“Hanya 19 persen dari seluruh kata sandi berisi tanda-tanda kombinasi yang kuat – kata non-kamus, huruf kecil dan besar, serta angka dan simbol,” jelas dia.

 

Share This Article