Ad imageAd image

Pendaftaran Duta Bahasa Jawa Tengah Dibuka, Begini Syaratnya

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 1k Views
2 Min Read
Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah lintas angkatan dan generasi. (Foto: Balai Bahasa Jateng)

INDORAYA – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (Jateng) membuka pendaftaran Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah (Pildubas Jateng) tahun 2024. Ajang ini dibuka mulai 16 hingga 31 Maret 2024.

Pildubas Jateng menjadi ajang pemilihan generasi muda yang berperan sebagai mitra Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah untuk mewujudkan semangat literasi kebahasaan dan kesusasteraan.

Selain itu, duta bahasa Jateng nantinya diharapkan dapat mengampanyekan Tri Gatra Bangun Bahasa. Yakni utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.

BACA JUGA:   Jadwal Padat, Pemain Persis Solo Tetap Siap Menang Tanding dengan Dewa United

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Meliputi peserta harus WNI ber-KTP Jawa Tengah dengan rentang usia 18 hingga 25 tahun pada 1 Agustus 2024.

Selain ada beberapa tahapan seleksi yang akan diikuti peserta, di antaranya seleksi administrasi, wawancara, pembekalan dan karantina finalis, serta final raya.

Menurut Ketua Ikatan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Zaki Adi Saputra, pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah merupakan ajang tahunan yang dapat mencetak generasi muda yang mahir berbahasa.

“Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kemendikbudristek. Ajang ini bertujuan mencetak generasi muda yang mahir berbahasa,” katanya.

BACA JUGA:   Dishub Butuh Waktu 3 Tahun Agar Trans Jateng Bisa Beralih ke Bahan Bakar Gas

Zaki mengatakan kesempatan ini terbuka lebar bagi muda-mudi Jawa Tengah yang memiliki tekad untuk berperan aktif dalam pemartabatan dan pengutamaan bahasa Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, peminat dapat melihatnya melalui akun media sosial Instagram @dutabahasa_jateng.

Tautan formulir pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan https://bit.ly/Formulir-Pendaftaran-Pildubas-Jateng-2024, tautan berkas pendaftaran terdapat dalam https://bit.ly/PD-PildubasJateng2024, dan tautan ketentuan pembuatan video dapat dibuka di https://bit.ly/Ketentuan-Video-Perkenalan.

Share this Article
Leave a comment