Ad imageAd image

Pendaftaran Calon Gubernur Jateng Jalur Independen Dibuka Mei, Minimal Didukung 1,8 Juta Orang

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 806 Views
2 Min Read
Komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah, Paulus Widyantoro. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) jalur independen atau non partai politik pada Pilkada serentak tahun 2024 dibuka pada tanggal 5 Mei hingga 19 Agustus 2024.

Informasi tersebut diumumkan oleh akun Instagram resmi @kpujateng. Di sana dijelaskan syarat dan ketentuan bagi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jateng jalur perseorangan. Salah satunya mendapat dukungan minimal sebanyak 1,8 juta orang.

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Jateng Paulus Widiyantoro membenarkan, syarat pencalonan gubernur dan wakil gubernur jalur independen yaitu menyerahkan bukti dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024.

BACA JUGA:   Teriakan "Prabowo Presiden, Gerindra Menang" Bergaung di Kantor KPU Jateng

Diketahui DPT di Jateng pada Pemilu 2024 sebanyak 28.289.413 jiwa. Sehingga pendaftar calon gubernur dan wakil gubernur yang ingin maju setidaknya harus mengumpulkan 1.838.811 dukungan.

“Betul (1,8 juta), yang tersebar di lebih dari 50 persen kabupaten/kota di Jawa Tengah,” ujar Paulus saat dikonfirmasi, Rabu (19/3/2024).

Dia menyebut, pendaftar juga harus menyerahkan surat pernyataan (Model B.1-KWK), kemudian lampiran fotokopi KTP atau surat perekaman KTP-el dari Dinas Dukcapil pada surat pernyataan dukungan.

“Dukungan tersebut berupa tanda tangan dukungan pada form yang diatur serta fotocopy KTP-el,” imbuh Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Jateng tersebut.

BACA JUGA:   Datangi KPU Jateng Serahkan 7.777 Data Pendukung, Denty Kembali Maju DPD RI

Adapun pendukung calon gubernur dan wakil gubernur yang usia dan pekerjaannya tidak memenuhi syarat, maka menyerahkan surat pernyataan bahwa yang bersangkutan sudah/pernah kawin dan atau tidak lagi memiliki pekerjaan yang tercantum dalam KTP.

Kemudian setelah dokumen persyaratan dukungan tersebut terkumpul, dikirim dan nantinya akan diverifikasi oleh KPU Jateng.

“Dukungan tersebut nantinya akan diverifikasi secara administrasi dan faktual,” tandas Paulus.

Share this Article
Leave a comment