Ad imageAd image

Pemprov Awasi 23 Daerah di Jateng Belum Tuntas Cairkan Anggaran Pilkada 2024

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 912 Views
2 Min Read
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) bakal mengawal dan mengawasi 23 kabupaten/kota di Jateng yang belum tuntas mencairkan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Berdasarkan data KPU Jateng, ada sebanyak 23 daerah yang belum tuntas dalam mencairkan anggaran Pilkada 2024. Adapun 22 daerah hingga kini baru mencairkan dukungan anggaran Pilkada 40 persen dan satu kabupaten sudah mencairkan 60 persen.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana bakal mengawal dan mendorong pemerintah kabupaten/kota di yang belum menuntaskan penganggaran Pilkada 2024, mengingat tahapan pesta demokrasi sudah semakin dekat.

BACA JUGA:   Pemkot Surakarta Ungkap Operasi Pasar Efketif Turunkan Harga Beras

“Akan kita pantau dan kawal untuk diselesaikan. Waktu semakin dekat untuk pendaftaran (Paslon) dan pemungutan suara akan dilaksanakan pada 27 November 2024,” katanya dalam keterangan yang diterima Indoraya.news, Rabu (4/6/2024).

Meskipun demikian, kata Nana, secara garis besar Jawa Tengah sudah siap menggelar Pilkada serentak. Hanya ada beberapa detail yang masih harus dikejar seperti perekaman e-KTP untuk daftar pemilih tetap (DPT).

Dia berkata, salah satu indikator tantangan Pilkada adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih. Oleh karena itu, pendataan pemilih perlu dilakukan secara serius.

BACA JUGA:   Mobil Jazz Mangkrak di Medoho Semarang Milik Anggota Polda Jateng, Kabid Humas: Kita Cek Dulu

Hingga 30 Mei 2024, perekaman e-KTP untuk calon pemilih sudah mencapai 28.564.255 orang. Sementara untuk pencetakan e-KTP mencapai 28.453.121 atau 97,9 persen.

“Perekaman e-KTP sudah dilakukan dan terus dikomunikasikan dengan KPU Jateng. Jumlah yang ada masih sementara, karena untuk pemilih pemula batasnya masih sampai tanggal 27 November,” ungkap Nana.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jateng, Muhammad Amin mengatakan, adanya 23 daerah yang masih belum tuntas mencairkan anggaran Pilkada 2024 masih terus dikoordinasikan.

“Insyaallah semua terpenuhi untuk anggaran pilkada 2024,” kata dia.

BACA JUGA:   Ramaikan Debat Capres-cawapres, Mbak Tunjung Bakal Gelar Nobar di Rumahnya

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono menambahkan,  terkait pendanaan dari Pemprov Jateng sudah tuntas. Dukungan lain yang saat ini dikoordinasikan adalah tentang pengamanan di TPS dan pemutakhiran DPT.

Share this Article