Ad imageAd image

Pemkab Wonosobo Gelar Pelatihan untuk Pemandu Wisata Budaya

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 726 Views
2 Min Read
Pelatihan pemandu wisata di Wonosobo, Senin (15/5/23).

INDORAYA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menggelar pelatihan untuk 40 pemandu wisata budaya setempat untuk meningkatkan kunjungan wisata.

Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar, menyampaikan pentingnya para pemandu wisata untuk memahami soal budaya dan seni yang memiliki potensi daya tarik wisata.

“Melalui pelatihan ini, saya berharap mampu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pemandu wisata budaya sehingga mampu menarik minat wisatawan terhadap keelokan budaya dan potensi lokal di Wonosobo,” katanya di Wonosobo, Senin (15/5/23).

BACA JUGA:   Pengusaha Jateng Keberatan Penuhi Aspirasi Buruh Naikkan Upah 15 Persen

Selain itu, Albar juga mengatakan pentingnya peran pemandu wisata dalam pengembangan wisata. Karena bila tanpa mereka, lanjut dia, para wisatawan akan kebingungan dalam mengenali apa yang mereka lihat dan kunjungi.

“Oleh karena itu perlu memastikan kesiapan para pelaku usaha wisata, termasuk pemandu wisata sebagai upaya mendukung pengembangan sektor pariwisata Wonosobo,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo melalui pelatihan ini, diharapkan mampu menghasilkan pemandu wisata yang berkualitas sehingga mampu meningkatkan angka kunjungan wisatawan di Wonosobo.

BACA JUGA:   3,86 Juta Warga Jateng Masih Miskin, Pemprov Siapkan Anggaran Rp 1,154 Triliun

Menurut Agus, para pemandu wisata harus meningkatkan profesional serta kualitas pelayanan. Hal itu, dapat mewujudkan pemandu wisata budaya yang memahami dan mengetahui bagaimana merencanakan dan melaksanakan pemanduan wisata budaya.

Selain itu, kata dia, pemandu juga harus mengetahui dan memahami pentingnya mengembangkan pengetahuan budaya serta interpretasi dalam pemanduan wisata budaya.

“Materi pelatihan meliputi teori dan praktik mengenai SOP pemandu, teknik pemanduan wisata budaya, konten kebudayaan, kemampuan komunikasi dalam pemandu wisata dan pemanfaatan media sosial dalam penguatan pemandu wisata budaya,” ujar dia.

BACA JUGA:   Digadang-gadang Masuk Bursa Pilgub Jateng 2024, Ini Tanggapan Bambang Pacul

Dia juga menambahkan, melalui peningkatan kapasitas SDM, para pemandu wisata di Wonosobo diharapkan dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisata setempat. Melalui pemandu wisata budaya yang baik maka akan meningkatkan ketertarikan wisata untuk lebih mengenal Wonosobo.

Adapun kegiatan pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, pada 15-18 Mei 2023 dan diikuti 40 orang yang telah dinyatakan lolos seleksi administratif dan teknis.

Share this Article
Leave a comment