Ad imageAd image

Pemerintah Siapkan Rp 9 Triliun untuk Bagi-bagi Bansos

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 20 Views
1 Min Read
Ilustrasi dana bantuan sosial (Foto: istimewa)

INDORAYA – Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 9 triliun untuk melanjutkan program bansos di bulan Agustus, Oktober dan Desember.

Adapun progdam bantuan pangan itu memberikan 10 kilogram (kg) beras kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) per bulannya. Sebelumnya program itu hanya berlangsung sampai Juni 2024.

“Bantuan pangan (beras 10 kg) ini diputus dalam rapat internal sama Pak Presiden, (dilanjutkan) bulan delapan, 10 dan 12. (Anggarannya) sekitar Rp9 triliun,” kata Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, pada Sabtu (8/6/2024).

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Sukirman Minta Masyarakat Kawal Penyaluran Bansos

Keputusan dilanjutkannya bantuan pangan beras 10 kilogram untuk tahap tiga sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan melihat dari kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Tahun lalu kan juga nggak full 12 bulan, tahun ini (dilanjutkan tahap tiga untuk bulan) 8, 10, dan 12 karena Pak Presiden kan selalu menyampaikan dalam beberapa kesempatan akan melihat postur APBN juga,” terang Arief.

“Kalau APBN-nya, Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) menyampaikan kita akan lakukan tiga bulan, maka tiga bulan berarti bulan 8, 10, dan 12. Karena kita lihat juga fiskal, jangan hanya untuk pemenuhan bantuan pangan, tapi kegiatan yang lain yang penting juga jangan sampai tertinggal, itu keputusannya dalam rapat kabinet,” jelas Arief.

BACA JUGA:   Wakil Ketua DPRD Sukirman Minta Masyarakat Kawal Penyaluran Bansos
TAGGED:
Share this Article