Ad imageAd image

Pemerintah Akan Bentuk Satgas Untuk Awasi Tambang Ilegal

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 139 Views
2 Min Read
ilustrasi tambang ilegal (dok. istimewa)
INDORAYA – Praktik pertambangan ilegal masih marak di Indonesia. Tak terkecuali penyelundupan komoditas sumber daya alam ke luar negeri. Maka dari itu, pemerintah akan membentuk Satgas Khusus untuk tambang ilegal.

Asisten Deputi Bidang Pertambangan Kemenko Maritim Tubagus Nugraha mengatakan di tengah situasi harga komoditas yang sedang tinggi saat ini, masalah tambang ilegal dinilai semakin kronis. Maka dari itu Satgas Tambang perlu dibentuk.

“Ini perkara kronis, sudah puluhan tahun begini terus. Tambang ilegal selalu menyebabkan korban mati, celaka, dan konflik. Satgas yang sedang kami bentuk nantinya tidak satu-satu, tetapi menggabungkan semua komoditas, mulai dari mineral dan batu bara, termasuk migas,” kata Tubagus Nugraha, Sabtu (16/4/2022).

BACA JUGA:   Begini Kata Pakar Terkait Peretasan Channel Youtube Ganjar Pranowo

Menurut Tubagus pihaknya sedang membahas struktur Satgas tersebut. Satgas direncanakan akan terdiri dari tiga komando, yaitu komando penanganan tambang ilegal, komando penegakan hukum, dan komando penanganan penyelundupan.

Komando tersebut akan tergabung dalam kelompok kerja yang melibatkan berbagai pihak, khususnya penegak hukum. Mulai dari TNI, Polri, hingga Bakamla.
“Kita sedang kerjakan terus untuk melihat hal-hal lain yang memungkinkan. Ini masih dalam pembahasan,” jelas Tubagus.

Salah satu kasus tambang ilegal terjadi di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Seorang advokat bernama Jurkani dianiaya hingga tewas. Saat itu, Jurkani sedang menjadi Kuasa Hukum PT Anzawara Satria, perusahaan batu bara yang diganggu penambang ilegal.

BACA JUGA:   Kampanyekan Energi Terbarukan, CV. Jaya Setia Plastik Gunakan PLTS Dengan Daya Maksimal 1,370 MWp

Para penambang ilegal masuk ke konsesi Anzawara sejak April tahun lalu. Bahkan, penambang ilegal itu diduga nekat menerobos garis polisi.

“Ini menjadi salah satu alasan kenapa pembentukan Satgas menjadi sangat penting. Negara tidak boleh kalah. Kami sangat memperhatikan masalah seperti ini, kami terus melakukan investarisasi tambang ilegal dengan berbagai motifnya, dan sudah membuat daftar prioritas mana yang akan dikerjakan duluan,” ungkap Tubagus.(FZ)

TAGGED: , ,
Share this Article