Ad imageAd image

PDIP Jateng Ungkap Pertarungan Pilkada Serentak 2024 Jauh Lebih Berat, Ini Sebabnya

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 567 Views
2 Min Read
Bendahara DPD PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Bendahara DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng), Agustina Wilujeng mengungkapkan, pertarungan politik pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 jauh lebih berat dibandingkan Pilkada periode sebelumnya.

Hal yang memberatkan ialah kebijakan baru bahwa Pilkada akan digelar secara serentak di seluruh kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia. Menurutnya, kondisi ini berbeda dengan tahu sebelumnya yang mana setiap daerah punya jadwal sendiri.

“Yang membuat kita hari ini tidak seperti periode sebelumnya adalah serentak,” kata Agustina usai kegiatan Fit dan Proper Test Calon Kepala Daerah di Panti Marhaen Kantor PDIP Jateng, Kamis (27/6/2024).

Terlebih, bagi pasangan calon yang akan bertarung melawan calon dari partai lain atau tidak melawan kotak kosong. Belum lagi, si setiap daerah, koalisi partai juga akan berbeda.

“Format kerja sama bagi yang tidak lawan kotak kosong ini bagaimana, karena nanti berbeda-beda partai,” kata Anggota DPR RI tersebut.

Oleh sebab itu, pihaknya saat ini sedang mencari cara untuk menyiapkan strategi khusus dalam Pilkada kali ini. Di sisi lain, kesiapan mental dari calon dan kader partai juga menjadi hal yang diperhatikan.

“Ini sedang mencari cara kemudian kita menyiapkan mental temen-temen partai. Kita kemarin sudah road show agar mereka bisa mengabstraksi kira-kira pekerjaan kita kalau lawan kotak kosong akan enak,” ucap Agustina.

PDIP Jateng tengah menyiapkan skema untuk Pilkada serentak 2024, terutama di daerah yang harus berkontestasi atau tidak melawan kotak kosong. Dia meminta kader di akar rumput memperkuat barisan dalam menghadapi Pilkada mendatang.

“Kalau tidak lawan kotak kosong beratnya di mana-mana, tentu nanti temen-temen cabang yang akan memberitahukan ke temen-temen di bawahnya,” kata Agustina.

Share this Article