Ad imageAd image

PCNU Kota Semarang Dukung Prabowo-Gibran, Pemprov Jateng: Persoalan Internal Organisasi

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 897 Views
2 Min Read
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Haerudin. (Foto: Dok. Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menanggapi dukungan Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang KH Hanief Ismail terhadap pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jateng, Haerudin menilai bahwa dukungan itu merupakan persoalan internal organisasi. Termasuk apabila ada perbedaan pilihan. Pasalnya setiap warga negara memiliki hak dan sikap masing-masing.

“Itu persoalan internal organisasi mereka, itu lebih kepada persoalan perbedaan internal organisasi, tapi kalau dari kacamata Kesbangpol siapapun boleh untuk punya pilihan politik,” katanya saat dihubungi wartawan, Kamis (25/1/2024).

BACA JUGA:   Langgar Aturan Pemilu, 76.134 Baliho Kampanye di Jateng Dicopot

Lebih lanjut pihaknya tidak mau berkomentar jauh dan ikut campur dalam persoalan internal organisasi, dalam hal ini yaitu dukungan PCNU Kota Semarang terhadap Prabowo-Gibran

“Itu masalah internal, mestinya memamg di internal organisasi itu ada komitmen bersama tapi kan itu urusan rumah tangga, karena masing-masing organisasi itu ada ART (Anggaran Rumah Tangga)-nya sendiri, jadi kita nggak boleh campur tangan untuk urusan internal organisasi masyarakat,” kata Haerudin.

Saat ditanya soal potensi konflik, dia menjawab bahwa Kesbangpol Jateng punya tugas melakukan deteksi dini dan memitigasi adanya konflik.

BACA JUGA:   Bagai Melukis di Atas Air, Butuh Perjuangan Keras Mengajar Lansia di Pesantren Roodiyatam Mardhiyyah Semarang

“Kalau kaitan itu tugas kami untuk mengantisipasi potensi kerawanannya, tapi kalau terkait dengan deklarasi itu hak politiknya ormas. Biasanya mereka sudah pintar sudah bisa mendamaikan diri sendiri ya,” ungkapnya.

Lebih lanjut pihaknya mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban umum. Perbedaan pilihan di ajang Pemilu 2024 harus bisa disikapi dengan sikap yang bijak.

“Kita sifatnya mengimbau saja untuk semuanya tetap menjaga ketentraman dan ketertiban. Artinya boleh berbeda pilihan poltik tapi tidak berdampak pada gangguan ketentraman dan ketertiban,” tandas Haerudin.

BACA JUGA:   PWI Jateng Gelar Perayaan HPN ke-78, Wali Kota Semarang Turut Hadir, Sampaikan Hal Ini

Sebelumnya diberitakan Rois Syuriah PCNU Kota Semarang KH Hanief Ismail mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka agar menang Pilpres 2024 dalam satu putaran.

KH Hanief juga mengajak warga nahdliyin memilih Prabowo-Gibran pada 14 Februari mendatang. Ini disampaikan di sela acara Sarasehan Kyai Aswaja Kota Semarang bertajuk “2 Kata Sami’na wa Atha’na Untuk Indonesia Maju” di Semarang, Minggu (21/1/2024) malam.

Share this Article
Leave a comment