Ad imageAd image

Pawang Hujan Beraksi di Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud, Bawa Air Keliling Simpang Lima Semarang

Athok Mahfud
By Athok Mahfud 43 Views
3 Min Read
Santoso Joko Purnomo atau Joko Menthek, pawang hujan yang beraksi di kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Simpang Lima Semarang. (Foto: Athok Mahfud/Indoraya)

INDORAYA – Lapangan Pancasila Simpang Lima, Kota Semarang, sore ini, Jumat (9/2/2024), diselimuti awan hitam yang menggantung di langit. Tanah lapang yang menjadi pusat Kota Lunpia itu ramai oleh suara bising kendaraan para pekerja.

Pada saat itu, lelaki berkaus hitam dan celana pendek sedang berjalan-jalan kecil. Sesekali kepalanya menengadah ke langit yang gelap. Matanya mengamati sekeliling lapangan yang sudah terpasang panggung dan tenda.

Lelaki itu bernama Santoso Joko Purnomo atau yang akrab disapa Joko Menthek. Dia dipercaya sebagai pawang atau penangkal hujan. Jasanya sering disewa di berbagai acara besar, termasuk di masa kampanye Pemilu 2024.

Pria berusia 62 tahun itu bakal beraksi untuk menggagalkan hujan pada saat Kampanye Akbar pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Kampanye itu digelar pada Sabtu (10/2/2024) sekira pukul 13.00 WIB.

BACA JUGA:   Curhat Daya Beli Turun, Mahasiswa PPG UPGRIS Berikan Pelatihan Diversifikasi Batik Reject

Joko Menthek mulai melakukan aksi pengamanan hujan di acara kampanye Ganjar-Mahfud pada Jumat (9/2/2024) siang. Dia mengaku hanya mengandalkan rokok dan air putih lalu berkeliling Simpang Lima.

“Di sini sejak siang jam 2. Persiapan saya hanya mengandalkan rokok sama air aqua,” katanya saat ditemui di Lapangan Pancasila Simpang Lima Kota Semarang.

Joko Menthek tidak menjelaskan secara detail bagaimana cara menangkal hujan. Namun dia mengaku berkeliling lokasi beserta membaca doa.

“Doa ada kepada yang maha kuasa. Terus keliling lapangan juga, makanya saya minta Id Card all acces biar bisa keliling lapangan. Tadi keliling beberapa kali,” ucap dia.

BACA JUGA:   Jalur Pantura Semarang - Demak Macet Parah, Dishub Jateng Sarankan Pengendara Lewat Jalan Alternatif

Kampanye akbar Ganjar-Mahfud besok yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya biasanya di tahun baru China itu hujan turun.

Meski begitu dia akan berusaha menjaga agar kawasan Simpang Lima Semarang aman dari gangguan cuaca atau hujan. Jika ada awan hitam, maka akan dipindahkan ke lokasi lain.

“Yang penting berusaha semoga besok lancar karena kebetulan besok bersamaan dengan Imlek, Cap Go Meh. Biasanya kan hujan maka kita berusaha biar nggak hujan. Insyallah tidak hujan, kita akan berusaha semoga lancar,” bebernya.

BACA JUGA:   PD Satria Jateng Gerak Cepat Bantu Warga Terdampak Banjir Meteseh Semarang

Saat ditanya honor menangkal hujan, dia mengaku belum tahu. Hanya saja biasanya dalam sekali event, Joko Menthek diberi honor Rp 1 juta.

Sebelumnya dia pernah menyukseskan kampanye akbar pasangan calon nomor urut 2, Prabowo-Gibran di lokasi yang sama. Acara yang digelar pada Minggu (28/1/2024) waktu itu, berjalan sukses tanpa gangguan hujan meskipun cuaca sedang mendung.

Joko Menthek memang sering mendapatkan tawaran untuk menangkal hujan di masa kampanye ini. Bahkan pada saat kampanye akbar Prabowo-Gibran, bayarannya terbilang fantastis. Di acara itu dia menerima honor sebanyak Rp 6 juta

Share this Article
Leave a comment