Ad imageAd image

Pasien RS di India Membludak, Suhu Capai 47,4 Derajat Celcius

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 602 Views
2 Min Read
Ilustrasi suhu udara tinggi dan cuaca terasa panas. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Suhu panas di India dilaporkan melampaui 45 derajat celcius, bahkan terjadi di tengah gelaran pemilihan umum. Di New Delhi misalnya, tempat pemungutan suara dimulai pada Sabtu 25 Mei, pada saat suhu mencapai 47,4 derajat celcius.

Ketika ibu kota panas terik, pihak berwenang telah mengeluarkan peringatan tingkat tertinggi untuk gelombang panas yang parah. Sementara itu, sedikitnya sembilan orang tewas di negara bagian Rajasthan di bagian barat karena dugaan serangan panas atau heatstroke.

Suhu musim panas di India sering kali mencapai puncaknya pada bulan Mei, namun para ahli memperkirakan hari-hari gelombang panas akan lebih banyak dibandingkan biasanya pada tahun ini. Adapun hal ini sebagian besar disebabkan oleh lebih sedikitnya hujan petir di luar musim hujan dan fenomena cuaca El Nino yang aktif namun melemah.

Para ahli menyalahkan rendahnya jumlah pemilih karena kurangnya persiapan lembaga pemilu India menghadapi cuaca panas. Para ahli juga mengkritik partai politik karena tidak mencantumkan manifesto mereka mengenai krisis iklim di India.

Akibat suhu panas yang ekstrem, rumah sakit di Delhi melaporkan peningkatan jumlah pasien yang mengalami serangan panas, dehidrasi, dan penyakit pernapasan dalam tiga hari terakhir.

Rohit Nair, 34, yang bekerja di bidang periklanan di Delhi, mengatakan panasnya tidak tertahankan.

“Saya merasa lelah sepanjang hari. Delhi sedang mendidih tahun ini,” katanya, dikutip dari BBC.

Nair mengatakan dia menghindari keluar rumah pada sore hari, tapi rasanya tidak nyaman bahkan di dalam ruangan.

“Tidak mungkin duduk tanpa AC menyala,” katanya.

Selain itu, sekolah-sekolah di India juga telah diperintahkan untuk ditutup. Para ahli kesehatan telah menyarankan agar masyarakat tidak terpapar suhu ekstrem dalam waktu lama, terutama bagi warga lanjut usia dan anak-anak.

Share this Article