Ad imageAd image

Pasar UMKM Tangguh Cepu Blora Layani Penjualan Secara Digital

Sigit H
By Sigit H 107 Views
4 Min Read
Bupati Blora, H Arief Rohman bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj Ainia Shalichah, menginjau lapak pedagang dalam kegiatan Pasar Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Tangguh, di komplek MC Edupark Nglajo, Minggu (23/1/2022). (Foto : blorakab.go.id)

INDORAYA – Bupati Blora, H Arief Rohman SIP MSi memuji Lurah Cepu, Slamet Dwi Cahyono, atas upayanya menggelar Pasar Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Tangguh, di komplek MC Edupark Nglajo, Minggu (23/1/2022).

Bupati meminta agar di kelurahan, desa, atau kecamatan lain, digelar acara serupa, untuk mengangkat UMKM.

“Idenya bagus, keren Pak Lurah dan jajarannya,” kata Bupati, ketika meresmikan Pasar UMKM Tangguh, yang digagas Pemerintah Kelurahan Cepu, Kecamatan Cepu, di kompleks Pujasera MC Edupark Nglajo.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj Ainia Shalichah SH MPd AUD MPd BI, perwakilan pimpinan Bank BRI Cabang Cepu, Forkopimcam Cepu, perwakilan PPSDM Migas dan pengelola Migas Cepu Edupark.

Pada kesempatan itu, Bupati Arief juga berkeliling stan UMKM, untuk berbelanja menggunakan aplikasi pembayaran non tunai QRIS Bank BRI.

Sejumlah produk UMKM mulai makanan, kerajinan tangan, produk bantal, hingga burung perkutut, dibeli oleh Bupati. Masyarakat umum juga tampak antusias berbelanja beragam produk UMKM, yang dijual di lokasi ini.

BACA JUGA:   Cegah Hoaks, Wakil Ketua DPRD Jateng Heri Pudyatmoko Minta Tingkatkan Budaya Literasi

Selama berbelanja, semuanya diwajibkan memakai masker dan disediakan tempat cuci tangan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Bismillah…. Hari Minggu ini kita resmikan Pasar UMKM Tangguh Kelurahan Cepu di komplek MC Edupark Nglajo. Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi wujud kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi. Semoga bisa terus dilaksanakan secara rutin dan eksis seminggu sekali,” kata Bupati Arief, seperti dirilis blorakab.go.id.

Bupati juga mengungkapkan kegembiraannya, karena transaksi perdagangan pada saat itu dilakukan secara non tunai, dengan menggunakan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

“Alhamdulillah tadi laris manis, dan pembayaran bisa dilakukan secara non tunai dengan aplikasi QRIS Bank BRI. Seluruh pedagang UMKM juga didaftarkan ke aplikasi jual beli online di laman pasar.id binaan Bank BRI. Jadi jika tidak sempat kesini, juga bisa belanja UMKM secara online lewat aplikasi pasar.id. Top pokok e..!! Cepu keren..!!,” kata Bupati.

BACA JUGA:   Temanggung Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

Bupati mengucapkan terima kasih kepada BRI Cabang Cepu yang sudah membantu UMKM. Demikian juga kepada PPSDM Migas dan pengelola MC Edupark yang telah memfasilitasi tempat.

“Kami berharap kegiatan seperti ini juga bisa dilaksanakan di kelurahan, desa, hingga kecamatan lainnya. Monggo sesarengan mbangun ekonomi Blora. Semangat….!!,” kata Bupati.

Menurut Bupati, UMKM merupakan salah satu sektor yang pertumbuhannya terus positif pasca pandemi.

Sehingga pihaknya terus mendukung agar UMKM Kabupaten Blora semakin naik kelas. Tidak hanya berjualan secara tradisional, namun juga digital.

Terdampak

Sementara itu Lurah Cepu, Slamet Dwi Cahyono, menyampaikan bahwa selama setahun lebih sektor perekonomian warga sangat terdampak akibat pandemi Covid-19.

Setelah pandemi berangsur membaik, pihaknya ingin membangkitkan kembali ekonomi masyarakat dari sektor usaha mikro kecil menengah melalui Pasar UMKM Tangguh.

BACA JUGA:   Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Wonosobo Imbau Warga Disiplin Protokol Kesehatan

“Selama pandemi banyak UMKM di Cepu yang terdampak, jualan susah, pendapatan berkurang dan lain sebagainya. Maka kali ini dengan dihadiri Bapak Bupati beserta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, kita ingin bangkitkan kembali sektor UMKM Cepu lewat Pasar UMKM Tangguh yang kita laksanakan di komplek MC Edupark Nglajo ini,” ungkap Lurah Cepu.

Menurutnya, ada seratus lebih pelaku UMKM di Kelurahan Cepu. Namun kali ini baru ada 80 yang mengikuti kegiatan itu.

“Kami berharap ke depan terus meningkat. Apalagi ini dapat bimbingan langsung dari BRI. Jadi pelaku UMKM bisa jualan secara digital melalui portal Pasar.id yang pembayarannya juga bisa online melalui aplikasi QRIS Bank BRI. Jadi setelah jualan disini, bisa lanjut jualan secara online dari rumah masing-masing,” tambah Lurah Cepu. (IR).

 

Share this Article