Ad imageAd image

Panglima TNI Ungkap Penyebab Kebakaran Gudang Amunisi

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 792 Views
1 Min Read
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menduga kebakaran di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di perbatasan Bekasi-Bogor, Jawa Barat salah satunya disebabkan oleh amunisi yang sudah kedaluwarsa.

Agus menjelaskan amunisi yang sudah kedaluwarsa lebih sensitif untuk meledak. Ia menyebut gesekan dan gerakan amunisi yang sudah kedaluwarsa dapat menyebabkan ledakan.

“Ya, memang kalau sudah expired itu relatif sensitif dia. labil. dia kena gesekan, gerakan, kena panas dia akan mudah, mudah meledak,” kata Agus kepada wartawan di lokasi, Minggu (31/3/2024).

BACA JUGA:   Pastikan Pemilu Aman dan Kondusif, Panglima TNI dan Kapolri Keliling TPS

“Bisa, bisa dari situ. sementara bisa dari itu salah satunya (penyebab) ya,” imbuhnya.

Kendati demikian, Agus menyebut saat ini pihaknya terus melakukan investigasi untuk mencari penyebab pasti kebakaran ini.

Di sisi lain, Agus menyebut pihak TNI telah melakukan mitigasi terhadap potensi ledakan amunisi kedaluwarsa di Gudmurah milik Kodam Jaya ini.

Ia menyebut salah satu upaya mitigasi tersebut dilakukan dengan penyimpangan yang berada di bawah tanah serta lokasi yang jauh dari pemukiman masyarakat.

“Makanya kita punya SOP penggudangannya itu, di bawah tanah gitu ya, jadi di bawah tanah karena labil tersebut dan sewaktu-waktu bisa meledak,” jelas dia.

BACA JUGA:   Panglima TNI Mutasi 215 Perwira Tinggi

“Kemudian ada tanggul dan jauh dari pemukiman masyarakat,” sambungnya.

Share this Article
Leave a comment