Ad imageAd image

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Buka Pendaftaran, Berikut Syarat Umum Hingga Khususnya

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 739 Views
3 Min Read
Ilustrasi lomba pencak silat, salah satu cabor dalam O2SN. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) akan membuka pendaftaran bagi para siswa SD, SMP, SMA, dan SMK secara online. Pendaftaran akan dibuka pada bulan April mendatang.

Informasi itu disampaikan lewat postingan instagram akun Pusat Prestasi Nasional @puspresnas, dikutip Selasa (21/3/2023).

Bagi para calon peserta O2SN bisa mempersiapkan diri mengikuti syarat dan ketentuan yang ada. Umumnya, terdapat lima cabang olahraga namun untuk tingkat SD terdapat tamabhan satu cabang olahraga pada 2023 ini.

Adapun lima cabang olahraga diantaranya, atletik, renang, bulu tangkis, pencak silat, dan karate, serta senam yang dikhususkan untuk tingkat SD.

Sekolah yang mendelegasikan atletnya harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan untuk mengikuti O2SN ini, berikut lengkapnya:

Syarat Umum:
a. Warga Negara Indonesia (WNI).
b. Meraih juara terbaik di setiap tingkat pertandingan yang diikuti sebelumnya di tingkat sekolah dan provinsi sesuai cabang olahraga. Peserta wajib melampirkan hasil seleksi berbentuk surat keputusan (SK) dari pejabat yang berwenang pada setiap tingkatan perlombaan.
c. Terdaftar sebagai peserta didik SD/MI, SMP/MTs/ SMA/MA, SMK negeri/swasta, atau yang sederajat yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (DAPODIK).
d. Peserta memiliki pribadi yang baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang yang dibuktikan melalui surat keterangan dari sekolah dengan tanda tangan kepala sekolah.
e. Peserta hanya boleh mengikuti satu cabang lomba yang didaftarkan melalui website https://daftarbpti.kemdikbud.go.id mulai tingkat sekolah.
f. Tidak pernah meraih juara 1, 2, dan 3 pada O2SN tingkat nasional tahun sebelumnya.
g. Memiliki BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya dan wajib melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.
h. Peserta wajib menjaga sportivitas dan fair play selama O2SN berlangsung disertai surat pernyataan yang ditandatangani kepala sekolah.

Syarat Khusus:
SD: Untuk kelas 3, 4, dan 5 pada tahun pelajaran 2022/2023, dilahirkan tanggal 1 Januari 2011 atau sesudahnya.

SMP: Peserta didik tahun ajaran 2022/2023 masih duduk di SMP/MTs dan atau yang sederajat dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2008 atau sesudahnya.

SMA/MA: Untuk kelas 10 dan 11 tahun pelajaran 2022/2023 dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2005 atau sesudahnya.

SMK: Untuk kelas 10 dan 11 pada tahun pelajaran 2022/2023 masih duduk di SMK atau sederajat dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2004 atau sesudahnya.

Share this Article
Leave a comment