Ad imageAd image

Objek Wisata Pemandian Air Mata Baru di Sragen

Redaksi Indoraya
By Redaksi Indoraya 777 Views
2 Min Read
Wisata Sendang Kun Gerit di Dusun Kukun Gerit, Desa Jatibatur, Kecamatan Gemolong, dilihat dari atas bukit. (Foto: Istimewa)

INDORAYA – Kabupaten Sragen memiliki objek wisata baru seluas 3.000 meter persegi berupa pemandian yang berasal dari sendang mata air alami, di Dusun Kukun Gerit, Desa Jatibatur, Kecamatan Gemolong.

Wisata pemandian tersebut diberi nama Sendang dan Resto Kun Gerit yang dikelola oleh Bumdes Sumber Rejeki. Lokasinya berada di lembah dikelilingi perbukitan dan dekat dengan sungai.

Kepala Desa (Kades) Jatibatur, Sutardi menjelaskan soal baru-baru ini muncul ide membuat desa wisata lantaran lokasi sendang yang berada di tanah oro-oro dimiliki oleh pemerintah desa.

BACA JUGA:   10 Event Wisata Unggulan Jateng Tahun 2024, Ada Solo Menari Hingga Festival Kota Lama

“Saya dan tim muncul ide membuat wisata sendang Kun Gerit tahun 2020, dan dimulai pembangunannya pada Mei 2021 selesai Juni 2022. Total dana yang dikeluarkan mencapai Rp 2,25 miliar,” katanya, dirilis dari sragenkab.go.id, Sabtu (4/3/2023).

Sendang Kun Gerit telah launching pada Agustus 2022 lalu dan baru diresmikan kemarin, Jumat (3/3/23) oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Sutardi menyampaikan, wisata tersebut tidak jarang dianggap tempat yang sakral karena keberadaannya sebagai sumber penghidupan. Beberapa orang percaya akan khasiat dari air Sendang Kun Gerit.

BACA JUGA:   Heri Pudyatmoko: Potensi Pergerakan Masyarakat di Masa Libur Lebaran Harus Diantisipasi

“Ada yang mengatakan air dari sendang Kun Gerit bisa membuat awet muda. Itu yang bikin wisatawan semakin tertarik hadir. Tapi pemahaman orang kan beda-beda, ada juga yang meyakini itu,” paparnya.

Wisata tersebut terdapat 4 jenis kolam renang untuk anak-anak hingga orang dewasa. Sedangkan, sumber mata air alami bisa dirasakan pengunjung dalam kolam renang dewasa dengan kedalaman 1,5 meter dan 2 meter dengan luas 15×30 meter.

Untuk masuk ke dalam wisata, pengunjung cukup membayar Rp. 5.000 per orang. Ada pula biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Di dalamnya, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas kamar mandi dan tempat ganti pakaian yang bersih.

BACA JUGA:   5 Wisata di Jateng Paling Ramai Kunjungan Libur Lebaran 2023, Masjid Syeikh Zayed Solo Teratas
Share this Article
Leave a comment